Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuka Usaha Angkringan

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuka Usaha Angkringan

Angkringan adalah warung makanan yang berada di pinggiran kota yang memiliki ciri khas tatanan yang simple namun sangat pas di kantong. Angkringan juga dapat diartikan untuk café sebagai tempat nongkrong anak muda atau sebagai tempat singgah dimana anak-anak muda hunting makanan ataupun sebaginya.

Masyarakat yang berada di low end ataupun di high end sangat menyukai angringan ini. Untuk low end angkringan yang cocok adalah harganya yang murah biasanya warung angkringan ini yang selalu ada ketika kita dilanda kelaparan. Namun uang yang tidak mencukupi atau dilanda kelaparan dan butuh tempat yang dekat, biasanya angkringan sangat strategis dalam hal tempat.

Faktor yang harus kita perhatikan sebelum menjalankan bisnis angkringan

Menentukan subyek yang menjadi sasaran angkringan

Biasanya target dari warung angkringan adalah masyarakat bawah ataupun menengah, mahasiswa termasuk di dalamnya. Namun, angkringan juga cocok untuk masyarakat menengah keatas. Kita pilih sesuai subyek yang kita jadikan sasaran di angkringan kita. Namun, biasanya kita memilih sasaran yang disamaratakan agar angkringan kita menjadi lebih ramai.

Menentukan lokasi yang sesuai dengan sasaran angkringan kita

Setelah kita menentukan sasaran kita selanjutnya adalah menentukan lokasi yangn sekiranya sesuai dnegan subyek sasaran yang kita tuju. Pilih tempat yang dapat dijangkau semua orang dan sekiranya dapat menjadi rujukan ketika mereka kembali ke tempat itu. Kalau subyek kita adalah kalngan keatas kita dapat mencari angkringan yang nuansanya cantik, serta pemandangan yang enak dilihat mata.

Mencari karyawan

Karyawan yang dibutuhkan adalah karyawan yang tanggaung jawab, ahli di bidangnya adalah kriteria yang biasa. Kriteria karyawan yang paling dicari adalah selain bertanggung jawab dan ahli di bidangnya yaitu ramah, murah senyum dan easy going, dapat diajak kerjasama dan mampu membuat suasana yang nyaman bagi pengunjung nantinya.

Memperhatikan fasilitas tempat

Pastikan tmpat yang kita gunakan untuk angkringan kita adalah tempat yang memiliki listrik dan air yang memadai. Gunanya adalah kita harus memberikan penerangan untuk memberikan kesan yang terang dan menunjukkan betapa bagusnya angkringan kita. Sedangkan air gunanya adalah agar dalam proses pencucian alat-alat makan air yang tersedia bersih, higienis dan tidak sampai kekurangan air.

Dalam proses pemasakan kita membutuhkan air pula, maka tersedianya air adalah hal yang sangat penting. Tempat parkir yang luas, tempat pembuangan sampah, wastafel yang sellau sedia akan sabun cuci tangan, kursi dan meja yang tertata rapi dan teratur, peralatan makan yang bersih, serta kamar mandi yang bersih.

Promosi

Promosi merupakan hal yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Karena dnegan adanya promosi maka akan meningkatkan keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis angkringan tersebut. Promosi dapat diberikan melalui mulut ke mulut, dengan berkembangnya teknologi kita bisa menggunakan social media, atau menggunakan pamphlet maupun brosur.

Dalam hal ini kita juga perlu memberikan grand opening sebagai penarik pelanggan dengan memberikan gratis makan maupun gratis yang lain apabila angkringan berupa warung makan dekat dengan kampus maupun di tengah kota. Namun, apabila kita mendirikannya di dekat stasiun maupun halte kita hanya perlu memberikan promosi dari mulut ke mulut saja.

Source https://dosenekonomi.com/ https://dosenekonomi.com/bisnis/peluang-bisnis/keuntungan-bisnis-angkringan
Comments
Loading...