Hanya 10% Waralaba Lokal yang Siap “Go International”

Hanya 10% Waralaba Lokal yang Siap “Go International”

Ketua Umum Asosiasi Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Levita Supit mengatakan, dari sekitar 600 waralaba lokal yang ada di Indonesia, hanya 10% yang siap dan telah memenuhi kriteria untuk mengembangkan bisnis ke luar negeri.

Dari semua waralaba lokal yang ada, baru 10% yang siap dan sudah punya kapabilitas. Itu juga masih harus didukung pemerintah. Dukungan yang sangat dibutuhkan dari pemerintah seperti fasilitasi dalam pameran waralaba di luar negeri sehingga waralaba lokal dapat mengenal pasar yang akan dituju serta mampu mempelajari keinginan konsumen di sana.

Selain itu, pembelajaran mengenai manajemen perusahaan juga sangat dibutuhkan sehingga waralaba lokal bisa lebih profesional dalam mengatur tata kelola usahanya. Sementara itu, Ketua Komite Tetap Waralaba & Lisens Kamar Dagang & Industri (Kadin) Indonesia Amir Karamoy menilai, peran serta pemerintah dalam membina waralaba lokal masih sangat minim.

Beberapa waralaba lokal yang telah berhasil go international seperti Alfamart pun diyakini Amir atas usaha sendiri. Pemerintah Indonesia seharusnya bisa belajar dari Malaysia yang mendukung penuh pengembangan industri waralaba mereka.

Melalui Perbadanan Nasional Berhad (PNB), pemerintah Malaysia membina sekaligus mempromosikan waralaba lokal mereka ke sejumlah negara. Pasar waralaba Indonesia, bahkan sudah didominasi asing. Setidaknya, asing telah menguasai 60% industri waralaba Tanah Air.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/305172-hanya-10-waralaba-lokal-yang-siap-go-international.html
Comments
Loading...