Hartadinata Abadi Berhati-hati Ekspansi Segmen Ritel

Hartadinata Abadi Berhati-hati Ekspansi Segmen Ritel

PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) mencatatkan pertumbuhan positif pada pendapatan di segmen penjualan perhiasan melalui toko atau gerai. Di semester I-2018 penjualan perhiasan melalui gerai perusahaan naik 37% secara year on year dari Rp 117,8 miliar menjadi Rp 188,8 miliar.

Jumlah itu juga meningkatkan kontribusi pendapatan melalui gerai terhadap total pendapatan dari yang sebelumnya tidak sampai 10% menjadi 12%. Kendati pertumbuhan pendapatan perusahaan dari penjualan melalui gerai ciamik, HRTA nampaknya lebih berhati-hati dalam ekspansi toko yang menjual perhiasan ke end user.

Capaian HRTA melalui penjualan gerai disebut Thariq juga masih belum mencapai target. Memang jika dievaluasi secara kualitas, kinerja toko sudah dinilai positif. Akan tetapi secara kuantitas, jumlah toko yang dimiliki HRTA dinilai masih kurang. Saat ini HRTA memiliki 26 gerai bernama ACC, 3 gerai Claudia, dan 2 gerai Celine.

Di awal tahun ini HRTA menargetkan untuk membuka 100 toko di tahun 2018. Agaknya rencana itu harus diundur mengingat sulitnya menentukan lokasi yang strategis juga karena perputaran di gerai ritel tidak langsung positif.

Permintaan perhiasan di grosir yang secara stabil meningkat membuat hasil produksi HRTA yang tersedia lebih banyak dialokasikan ke penjualan grosir. Bagi Thoriq karena permintaan perhiasan melalui grosir sudah stabil maka secara risiko bisnis lebih positif ketimbang penjualan perhiasan di toko.

Source http://industri.kontan.co.id/ http://industri.kontan.co.id/news/hartadinata-abadi-tetap-hati-hati-ekspansi-segmen-ritel?utm_source=dable
Comments
Loading...