HRTA Siapkan Pendanaan Rp300 Miliar demi Ekspansi

HRTA Siapkan Pendanaan Rp300 Miliar demi Ekspansi

Perusahaan perhiasan emas terintegrasi PT Hartadinata Abadi Tbk. Berencana akan membuka 100 toko emas baru untuk brand ACC hingga akhir tahun 2018. Setelah pada per April tahun ini perseroan telah membuka 26 toko dengan brand ACC.

Dengan rencana ekspansi tersebut, perusahaan bakal membutuhkan dana segar sebanyak Rp300 miliar. Dana sebesar itu dibutuhkan setidaknya untuk membuka 100 toko baru ACC hingga akhir tahun 2018 ini. Untuk membuka satu  outlet ACC, dibutuhkan dana sebesar Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar tergantung dengan luas toko yang akan dibuka.

Sejauh ini, perusahaan berkode HRTA di lantai bursa ini telah membuka 26 toko dengan brand ACC yang empat toko di antaranya merupakan toko franchisee. Berikutnya 7 toko untuk brand Claudia Perfect Jewelry pun telah dibuka, dan sebuah outlet Celine Jewelry.

Terkait kebutuhan dana untuk rencana ekspansi tersebut, perusahaan pun berencana menerbitkan Medium Term Notes atau Obligasi, yang nilainya belum bisa ditetapkan saat ini. Pada tahun 2017 lalu HRTA berhasil mencatatkan kenaikan laba sebelum pajak sebesar 15,64% menjadi sebesar Rp. 147 miliar. Sementara laba bersih tercatat sebesar Rp. 112 miliar. Total pendapatan tahun 2017 lalu tumbuh 13% menjadi Rp 2,482 triliun dibanding periode tahun sebelumnya.

Di tahun ini, perseroan pun mentargetkan bisa mencetak kenaikan penjualan sebesar 13% hingga 15%, dengan peningkatan laba sebesar 9%. Perseroan berharap menjelang Idul Fitri tahun ini, penjualan di periode menjelang lebaran bisa melonjak tiga kali lipat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Terkait kondisi depresiasi rupiah terhadap dolar AS, menurut Sandra situasi ini berpengaruh pada harga emas yang bergerak naik. Jadi, kata Sandra, secara pencatatan akunting pendapatan Hartadinata mengalami kenaikan karena harga emas yang terus naik.

Untuk mendorong tingkat penjualan, HRTA telah melansir perhiasan emas lini terbaru bertema “Dari Hartadinata untk Indonesia”, yang terinspirasi dari kekayaan budaya dan alam Indonesia. Pada lini produk terbaru yang dibuat secara terbatas ini (limited edition), para desainer perhiasan HRTA membuat sejumlah perhiasan dengan tema alat musik nasional, senjata tradisional, motif-motif budaya suku tertentu hingga motif candi Borobudur.

Di tahun ini perseroan juga akan ikut serta dalam ajang pameran produk tahunan intenrasional terbesar di Indonesia, 12th Jakarta International Jewellery Fair 2018. Perseroan saat ini memiliki pabrik perhiasan emas dengan kapasitas 2.500 kg, dan utilisasi saat ini tercatat baru sebesar 16%.

Sandra optimistis seiring dengan pertumbuhan toko, utilisisi pasti akan meningkat karena pabrik akan memasok perhiasan untuk toko-toko milik perseroan. Jika bicara pangsa pasar, diakui Sandra toko milik HRTA belum memiliki pangsa yang besar. Namun jika market share produksi, HRTA disebutkannya telah menguasai 12%-15% pangsa pasar, menyusul upaya ekspansi perseroan pasca IPO.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/488593-hrta-siapkan-pendanaan-rp300-miliar-demi-ekspansi.html
Comments
Loading...