Indomarco Merambah Tiga Wilayah Baru

Indomarco Merambah Tiga Wilayah Baru

PT Indomarco Prismatama merupakan pengelola minimarket Indomaret mulai bersiap merangsek wilayah baru. Bila tidak ada halangan, pada kuartal IV tahun ini, Indomarco bakal menambah cabang baru di tiga kota. Tahap awal, di masing-masing kota akan dibangun 50 gerai Indomaret.

Tiga cabang anyar ini berada di luar Jawa, yaitu Manado, Banjarmasin, dan Pontianak. Wiwik ingin Indomaret bisa menjangkau semua titik wilayah Indonesia. Konsep gerai yang akan dibangun di kota anyar ini berupa minimarket, bukan convenience store ataupun supermarket.

Untuk investasi, perusahaan ini siap merogoh kocek Rp 25 miliar per wilayah. Investasinya di luar harga tanah per gerai yang mencapai Rp 500 juta. Indomarco berencana membangun sebanyak 1.700 gerai Indomaret tahun ini.

Sampai akhir 2014, jumlah gerai Indomaret bisa mencapai 10.600 gerai. Artinya, perusahaan telah menyiapkan investasi senilai Rp 850 miliar untuk aksi korporasi ini. Pihaknya tidak sendirian dalam membangun gerai Indomaret.

Perusahaan ini menawarkan waralaba untuk menambah jumlah gerai ini. Indomarco bisa mencatat pertumbuhan penjualan dari gerai yang sama (same-store sales) sebesar 10% pada 2014. Apabila penjualan dari gerai baru ikut dihitung, pertumbuhannya bisa mencapai 20%.

Hingga akhir 2013, Indomarco Prismatama mengelola kurang lebih 8.800 gerai secara keseluruhan atau ada penambahan 1.500 gerai, saban tahun. Tahun ini, perusahaan bakal agresif menggenjot transaksi virtual, yaitu transaksi elektronik berbasis sistem online yang terintegrasi. Contohnya, transaksi isi ulang pulsa, pembelian tiket kereta api, pesawat dan lain-lain.

Tahun lalu perusahaan yang sebagian saham dimiliki oleh PT Indoritel Makmur International Tbk (DNET) ini berhasil mencatat volume transaksi 90 juta per bulan dengan kontribusi transaksi virtual 3% terhadap total pendapatannya.

Indomarco bakal menggandeng biller atau merchant lagi, tahun ini. Hingga Januari 2014, sudah ada 50 biller yang digandeng Indomaret, seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI), Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Citilink, Orange TV, Air Asia, dan lain-lain.

Sayang, Wiwiek belum mau menjelaskan bagaimana sistem bagi hasil dari transaksi virtual ini. Dia hanya berujar, masing-masing biller memiliki sistem bagi hasil berbeda dengan Indomarco. Keuntungan dari transaksi virtual adalah sistem online gerai Indomaret yang terpusat, sehingga bisa menjual produk dari biller di seluruh jaringan Indomaret.

Source http://industri.kontan.co.id/ http://industri.kontan.co.id/news/indomarco-siap-rambah-tiga-wilayah-anyar
Comments
Loading...