Indonesia Pasar Potensial Waralaba Luar Negeri

Indonesia Pasar Potensial Waralaba Luar Negeri

Negara dengan penduduk sebanyak 260 juta jiwa, Indonesia memang menjadi pasar potensial bagi investasi, termasuk bisnis waralaba lokal dan luar negeri. Banyak pemain waralaba asing dan penanam modal asing ingin masuk ke Indonesia. Meski membuka lebar-lebar pintu bagi waralaba asing, namun ada syarat yang harus dipenuhi.

Kebijakan pemerintah mempersilakan masuk ke Indonesia tetapi pengusaha franchise asing harus berpartner dengan pebisnis Indonesia. Kemendag mengakui, pertumbuhan bisnis waralaba sangat tinggi karena bisnis ini tergolong mudah saat memulai usaha.

Pertumbuhan bisnis waralaba sendiri mencapai 2 juta dengan menciptakan lapangan kerja sebanyak 19 juta orang. Adapun kontribusinya 2,7 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Di Indonesia, terdapat 550 merek waralaba dengan jumlah gerai sekitar 45 ribu. Dan produksi barang dan jasanya mencapai USD17,2 miliar. Karena itu bisnis waralaba bukan bisnis yang kecil.

Bisnis ini bisa merambah kemana-mana. Bukan hanya perdagangan fisik juga jasa. Kita perlu mengembangkan perdagangan barang tapi juga perdagangan jasa. Di sinilah waralaba cukup tinggi pertumbuhannya.

Source http://www.netralnews.com/ http://www.netralnews.com/news/ekonomi/read/100730/indonesia-pasar-potensial-waralaba-luar-negeri
Comments
Loading...