Inovasi dan Lokasi Kunci Bisnis Bento Langgeng

Inovasi dan Lokasi Kunci Bisnis Bento Langgeng

Konsultan usaha dan Pengamat Waralaba, Djoko Kurniawan menilai kuliner bento masih diminati oleh pasar. Hal ini terlihat dari menu bento yang tetap disukai konsumen. Ada pula beberapa merek besar di sektor ini yang masih terus berkembang sampai saat ini.

Namun, kuliner bento banyak didominasi oleh pelaku usaha besar, sehingga membuat pelaku usaha kecil menjadi tenggelam. Pasalnya, pelaku usaha bento kecil hanya mampu meniru dan kurang bisa berkreasi sehingga memiliki ciri khas produk.

Djoko menjelaskan agar bisa tetap bertahan dan eksis, pihak pusat wajib melakukan inovasi di semua hal, mulai dari inovasi produk sampai marketing dan pelayanan. Inovasi itu modal wajib kalau mau bisnisnya langgeng. Kalau produk itu sudah pasti, minimal keluar menu baru. Lalu konsep resto atau kedainya harus dibuat nyaman dan menarik agar konsumen datang lagi.

Penentuan lokasi juga menjadi salah satu kunci sukses sebuah usaha. Mencari lokasi yang pas dan strategis dengan harga terjangkau kini sering menjadi kendala bagi pelaku usaha, khususnya di bidang kuliner. Djoko mengatakan, pelaku usaha harus paham betul segmentasi pasar yang dituju.

Pemilihan lokasi juga harus dilakukan dengan cara yang benar, dengan kalkulasi yang jelas.  Tidak sekadar memakai feeling tapi dengan data. Maka, dengan demikian pemilihan lokasi akan jadi benar. Ia pun menambahkan, jika memilih lokasi disesuaikan dengan target konsumen, bukan hanya asal strategis dan harganya terjangkau.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/masih-ada-peluang-berbisnis-bento?page=4
Comments
Loading...