Jangan Persulit Bisnis Waralaba

Jangan Persulit Bisnis Waralaba

Dewan Pengarah Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Amir Karamoy meminta kepada pemerintah agar tidak mempersulit bisnis waralaba yang sedang berkembang di Indonesia. Amir menyayangkan bahkan cenderung mengkhawatirkan paradigma pemerintah yang belum berubah dengan masih menjalankan politik ijin.

Paradigma pemerintah sendiri memang belum berubah bahwa mereka masih menjalankan politik ijin, bahwa semua harus melalui satu pintu perijinan yaitu pemerintah. Ijin untuk usaha waralaba bisa dikeluarkan oleh suatu asosiasi waralaba atau WALI atau KADIN. Karena komunitas tersebut yang paling mengetahui tentang waralaba, sementara pemerintah tidak mengetahui apa-apa tentang hal tersebut.

Tugas pemerintah dalam hal ini adalah memfasilitasi agar iklim usaha yang lebih kondusif dan mencegah persaingan usaha yang tidak sehat. Amir mewakili WALI mengharap agar pemerintah berkomitmen untuk memberikan fasilitas kredit kepada franchise, khususnya kepada franchise yang berkategori UKM. Kedua pemerintah bertekad untuk memberikan kemudahan-kemudahan di dalam setiap usaha yang meningkatkan produksi dalam negeri.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/amir-karamoy-jangan-persulit-bisnis-waralaba-00jdfjn.html
Comments
Loading...