Jokowi Bawa Konsep Waralaba Lokal Ke Kelas Internasional

Jokowi Bawa Konsep Waralaba Lokal Ke Kelas Internasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai konsep waralaba sangat cocok diterapkan di Indonesia. Tanpa modal besar, masyarakat sudah bisa membuka bisnis dan menciptakan lapangan kerja. Masyarakat Indonesia sejak lama sudah terbiasa dengan usaha sendiri, buka warung, buka toko, buka restoran, dan 70 sampai 80 persen dari total lapangan kerja di Indonesia ada di usaha mikro kecil dan menengah.

Konsep waralaba diyakini mampu meningkatkan bisnis menjadi skala internasional. Sebab, dalam bisnis waralaba, sudah ditetapkan standar pelayanan untuk memberikan kepuasan pada pelanggan. Tak hanya itu, konsep waralaba baik untuk efisiensi ekonomi.

Untuk seorang pengusaha lokal di suatu kota bisa langsung naik kelas karena paket waralaba biasanya sudah menganut standar-standar yang sangat dioptimalkan. Standarisasi seringkali membawa banyak efisiensi yang kemudian menghemat ongkos.

Presiden Jokowi juga yakin konsep waralaba bisa menjadi kekuatan untuk menumbuhkan ekonomi nasional. Sebab, waralaba mampu menarik potensi-potensi ekonomi yang ada di berbagai penjuru Tanah Air. Dia berharap, konsep waralaba bisa menjadi inspirasi bagi semua pengusaha Indonesia.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/jokowi-konsep-waralaba-bawa-bisnis-lokal-ke-kelas-internasional.html
Comments
Loading...