Jumlah Gerai Waralaba KFC dan McD Dibatasi

Jumlah Gerai Waralaba KFC dan McD Dibatasi

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan akhirnya memaparkan alasan pembatasan gerai waralaba restoran. Gita menjelaskan, semangat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 07 Tahun 2013 adalah memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM).

Dia tidak menampik aturan ini disusun mempertimbangkan keberadaan waralaba restoran asing semisal Kentucky Fried Chicken (KFC) dan McDonalds. Karena pemilik lisensi dari Amerika Serikat, sebetulnya pewaralaba Indonesia tidak harus mewaralabakan ke pihak lain.

Namun, mendag mengingatkan bahwa usaha restoran butuh biaya lebih mahal dibanding mendirikan waralaba ritel seperti minimarket. Jika dibatasi di bawah 250 gerai, Gita khawatir pengusaha menengah di daerah tidak banyak berpartisipasi.

Gita memaparkan alasan lain. Dia khawatir jika pembatasan gerai di bawah 250 unit, dampaknya buruk bagi dunia usaha. Meski demikian, bos Grup Bisnis Ancora ini menjamin pemain besar seperti KFC dan McD sudah menerima keputusan pemerintah.

Dalam Permendag 07/2013, khususnya pasal 4, disebutkan bahwa gerai yang boleh dimiliki dan dikelola sendiri maksimal 250 unit. Bila sudah melebihi jumlah tersebut, investor waralaba restoran wajib mewaralabakan gerai berikutnya ke pihak ketiga.

Namun pemilik lisensi waralaba restoran mendapat kemudahan dengan tidak perlu sepenuhnya melepas kepemilikan anak usahanya ke pengusaha lain. Pada Pasal 5 beleid ini, pemilik waralaba bisa memilih opsi pola penyertaan modal, menggandeng pengusaha lokal di lokasi gerai itu berdiri.

Bila nilai investasi sebuah gerai kurang dari atau setara Rp 10 miliar, maka penyertaan modal dari pihak lain paling sedikit 40 persen. Sementara jika nilai investasinya lebih dari Rp 10 miliar, maka penyertaan modal dari pihak lain minimal 30 persen. Selebihnya manajemen tetap dikontrol pemilik lisensi waralaba.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/jumlah-gerai-kfc-dan-mcd-dibatasi-karena-modalnya-besar.html
Comments
Loading...