Kenali Keuntungan dan Cara Bisnis Waralaba Ritel

Kenali Keuntungan dan Cara Bisnis Waralaba Ritel

Jika Anda sudah memahami bisnis waralaba ritel, tidak salah jika Anda mulai melirik bisnis ini. Bisnis dengan sistem waralaba memang cocok bagi Anda yang tidak memiliki keberanian untuk menghidupkan brand baru.

Sementara ritel dapat menjadi pilihan bisnis yang tepat di tengah tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia. Akan produk pangan yang cepat dan mudah dijangkau. Jika Anda tertarik dengan bisnis waralaba ritel, berikut keuntungan dari bisnis waralaba ritel yang menguasai pasar Indonesia.

Alfamart

Keuntungan bisnis waralaba toko ritel Alfamart yang pertama, yakni manajemen bisnis telah stabil karena terbangun sejak lama. Dengan demikian, Anda yang baru memulai bisnis bisa menjalankannya dengan tenang karena semua ide, manajemen, dan sistem pemasaran sudah tersedia dan siap digunakan.

Kedua, namanya sudah dikenal masyarakat. Sehingga proses pemasarannya tentu lebih mudah, terlebih manajemen finansialnya pun akan lebih mudah. Umumnya, para investor lebih mudah memberikan modal kepada bisnis yang sudah berdiri stabil dan dinilai baik dari segi finansial serta pemasaran. Dengan begitu, Anda akan diuntungkan karena sistem manajemen diterapkan oleh pemilik waralaba.

Adapun persyaratan bisnis waralaba ini, yaitu sudah berupa badan usaha. Badan usaha merupakan kesatuan yuridis atau hukum, teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan usaha sering disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda.

Syarat kedua, pemilik harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini dikarenakan bisnis yang berlokasi di Indonesia dan menjadi prosedur bisnis di negara ini. Selanjutnya, lokasi usaha yang disarankan yakni luas area penjualan minimal 800 meter persegi.

Luas ini di luar gudang dan ruang administrasi dan sudah memenuhi perizinan, termasuk izin tetangga, domisili, SIUP, NPWP, dan lainnya. Terakhir, bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang telah diciptakan pihak Alfamart berlaku dan harus diikuti oleh pemilik franchise Alfamart.

Alfamidi

Beberapa keuntungan dari bisnis waralaba Alfamidi adalah pihak Alfamidi selalu siap membantu mitra dengan beberapa cara. Seperti survei lokasi, studi kelayakan, persiapan operasional toko, renovasi, dan sebagainya, dukungan untuk pengurusan masalah perizinan. Membantu menyediakan peralatan toko dan barang dagangan.

Menyeleksi dalam perekrutan karyawan, membangun program pemasaran terpadu, supervisi operasional berkesinambungan, pelaporan keuangan, promosi, pembukaan toko, hingga mendirikan image di tengah masyarakat.

Sementara beberapa persyaratan bagi Anda yang berminat membuka bisnis waralaba toko ritel Alfamidi. Yakni harus seorang WNI, mempunyai badan usaha (PT atau CV), menyediakan tempat lokasi seluas 400 meter persegi (di luar gudang dan tempat tinggal karyawan).

Dengan total keseluruhan lahan ± 400-500 meter persegi, memiliki izin tetangga, izin domisili usaha, UUG/HO, SITU, IMB, SIUP, TDP, NPWP dan NPPKP, serta STPUW. Untuk Kabupaten Serang, harus terdapat aturan jarak antar-minimarket, yaitu minimal 500 meter. Bila jarak di bawah angka yang ditetapkan, maka perizinan tidak dapat diterbitkan.

Indomaret

Keuntungan dari bisnis waralaba Indomaret yang bisa didapatkan, yaitu memiliki Brand Authority yang jelas, promosi tingkat nasional, transformasi pengetahuan. Anda ditempatkan sebagai pelaku bisnis, brandsudah dikenal masyarakat luas, bantuan survei lokasi untuk mengoptimalkan potensi pasar, dukungan sistem operasional yang sudah terintegrasi. Sehingga investor tidak perlu terlibat secara full time, peluang berkembang. Di mana investor bisa memiliki lebih dari satu toko, dan minimalisasi risiko dengan dukungan penuh dari pihak Indomaret.

Persyaratan bisnis Indomaret pun tak beda jauh dengan warabala ritel Alfamidi, di antaranya harus merupakan WNI, memiliki jiwa entrepreneur dan fokus mengembangkan bisnis Indomaret. Ada perizinan seperti IMB/IPB ruang usaha/ruko/ kios, UUG/ HO, SIUP, TDP, NPWP, PKP, dan lainnya. Mempunyai lokasi untuk pembukaan toko Indomaret di area komersial dengan luas 120-200 meter persegi, serta menyediakan dana investasi dengan estimasi RP394 juta.

Lion Express (Super Indo)

Bisnis waralaba Lion Express pun memiliki sejumlah keuntangan yang tidak kalah menarik, seperti compact supermarket yang memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari akan produk berkualitas dengan lebih dari 6.500 produk termasuk lebih dari 1.000 jenis produk segar (buah, sayur, daging, ikan).

Keuntungan selanjutnya, yakni community store yang berarti dekat dengan konsumen, baik di perumahan maupun apartemen, sehingga mempermudah akses masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lion Express merupakan anak perusahaan dari Super Indo dengan pengalaman dalam industri ritel sejak 1997. Selain itu, investor akan memiliki hak pakai merek dagang, sistem distribusi dan pelayanan yang sepenuhnya sama dengan sistem yang dijalankan di gerai-gerai Super Indo, dan Lion Express membantu persiapan yang diperlukan mulai dari survei lokasi, desain, pengembangan bangunan, hingga penataan layout dan persiapan pembukaan gerai.

Untuk persyaratannya, Anda yang berminat membuka bisnis waralaba toko ritel ini perlu menyediakan bangunan siap pakai dengan luas kurang lebih 500 meter persegi. Serta menyiapkan investasi modal awal dengan nilai Rp2,5 miliar (dapat berubah-ubah sewaktu-waktu). Jika Anda tertarik dengan bisnis waralaba ritel, maka pelajari dan kenali terlebih dahulu seluk-beluk bisnis waralaba ritel, keuntungan, hingga persyaratannya.

Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read199688/kenali-keuntungan-dan-cara-bisnis-waralaba-ritel.html
Comments
Loading...