Kerugian Bisnis Air Isi Ulang

Kerugian Bisnis Air Isi Ulang

Saat ini banyak depot-depot isi ulang air mineral, mulai dari air oksigen atau air mineral biasa. Sebagian besar orang melihat peluang ini dan menjadikan isi ulang air sebagai usaha sampingannya. Mulai dari ibu rumah tangga sampai pegawai atau pengusaha.

Hal ini dikarenakan untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan dana yang begitu besar, tidak membutuhkan tempat yang luas hanya cukup dengan teras rumah dan mendapatkannya pun mudah. Selain itu konsumen  juga sudah tercecer dimanapun jadi tidak usah bingung mencari pelanggan. Namun ada salah satu hal yang harus kita ketahui sebelum menjadikan isi ulang ini bisnis kita. Karena semua yang ada di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Modal kembalinya lama

Kita ketahui sendiri harga satu galon isi ulang hanya berkisar antara 3-5 tibu, sedangkan alat-alat yang kita perlukan dalam menjalankan bisnis ini membutuhkan banyak biaya, seperti alat pengisi galon, sanitasi, alat pembersih dan lainnya, tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit.  Memang modal yang kita keluarkan bisa kembali namun cukup lama dikarenakan beberapa faktor tersebut.

Berhubungan dengan reputasi

Kenapa bisnis ini bisa dibilang berkaitan dengan reputasi, karena sedikit kesalahan reputasi kita akan turun di mata masyarakat sekitar, bahkan bisa membuat anda menutup bisnis ini. Mulai dari proses pembersihan, pengemasan dan pengisian harus diperhatikan jika salah sedikit saja maka hal ini akan menjadi buruk bagi konsumen, bisa jadi penyakit atau apapun itu. Jadi bila ingin melaksanakan bisnis ini anda harus benar-benar berhati-hati.

Kurangnya teknologi

Teknologi dalam bisnis ini juga merupakan salah satu kelemahan. Kita tahu sendiri mulai dari pembersihan galon yang masih terbilang sederhana sehingga kemungkinan masih ada bakteri yang menyangkut terbilang besar, selain itu proses pengemasan juga terbilang sederhana hanya dengan penutup plasik tanpa adanya sterilisasi sebelumnya, sehingga kebersihanpun kurang begitu terjaga.

Pengawasan dan pengendalian yang kurang

Bisnis ini tidak ada pengawasan yang ketat atau standarisasi yang cukup. Bisnis ini terbilang bebes hanya ada ijin dinas kesehatan untuk mengedarkan air isi ulang, namun dalam prosesnya tidak ada pengawasan dan pelatihan untuk menjadi lebih baik. jaminan mutupun sngat diragukan karena tidak adanya standart yang tetap untuk air isi ulang ini.

Kualitas rendah

Berbicara tentang kualitas memang air isi ulang ini masih tergolong rendah. Dari segi kesehatan, air hasil masakan sendiri lebih aman dan sehat adripada air isi ulang. Dari segi teknologi juga masih sederhana tidak ada penjaminan mutu, dan beberapa aspek lainnya.

Source https://dosenekonomi.com/ https://dosenekonomi.com/bisnis/peluang-bisnis/keuntungan-dan-kerugian-bisnis-air-isi-ulang
Comments
Loading...