Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba

Bisnis franchise atau dikenal dengan bisnis waralaba. Bisnis franchise  merupakan  bisnis instan tanpa perlu memulai dari awal. Banyak yang mengakui bahwa dengan menjalankan bisnis franchise ini akan mendapatkan kesuksesasan dengan cepat. Di Indonesia terbukti banyak sekali bisnis waralaba yang berhasil dan banyak peminatnya, antara lain KFC, Pizza Hut, McDonald, AW, Hoka Hokabento, dan masih banyak lainnya.

Dalam bisnis ini terdapat dua pihak yang saling bekerjasama untuk meraih sebuah keuntungan dengan kesepakatan tertentu, yaitu pemiliki usaha dan pelaku usaha. Prinsip kerja bisnis ini yaitu bagi hasil, dimana pemilik usaha memberikan usaha yang dimiliki kepada pelaku usaha serta mengadakan pengawasan atas usaha yang dijalankan agar tidak menimbulkan kesalah fahaman diantara dua pihak.

Keuntungan dan Kerugian dalam menjalankan bisnis franchise. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi pemantapan atau pembelajaran bagi  yang berniat atau ingin menjalankan bisnis franchise, ada beberapa keuntungan dan kerugian bisnis franchise ini, antara lain :

Keuntungan

  1. Manajemen bisnis bagus. Menjalankan bisnis ini  tidak usah bingung dalam memikirkan manajemen dalam bisnis, karena di sini hanya tinggal menjalankan bisnis yang sudah teruji dan sudah terlatih dengan baik. Menjalankan bisnis ini akan lebih simple dan praktis tidak usah memulai dari awal tapi hanya tinggal menjalankannya saja.
  1. Tidak perlu membangun dari awal. Tidak diragukan lagi bahwa bisnis waralaba atau usaha yang  didapatkan dari pemilik usaha sudah tersusun dan tersistematis dengan baik, dari mulai menajemen perusahaan, strategi dalam mencari konsumen dan menghadapi tantangan. Semua sudah diatur sedemikian rupa, sehingga anda tidak perlu lama-lama harus memulainya sendiri, di sini anda tinggal mengimplementasikan dan menjalankan bisnis tersebut.
  1. Tidak perlu bingung mencari pelanggan. Dalam bisnis ini tidak perlu capek-capek mengenalkan produk dan mencari konsumen, karena merk dan produk dalam usaha ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Konsumen akan datang sendiri tanpa harus memperkenalkan produk kepada para pelanggan.
  1. Biaya pemasaran rendah. Dalam bisnis franchise ini biaya pemasarannya rendah. Karena tidak usah membuat iklan atau brosur untuk pengenalan produk, tidak usah memikirkan perlengkapan atau segala sesuatu yang diperlukan dalam usaha ini, karena sudah tersedia dengan lengkap. Memberikan modal maka akan mendapatkan semuanya dan lebih hemat.
  1. Dukungan dan keamanan terjamin. Pemiliki usaha akan senantiasa memberikan bantuan dan arahan para mitra usaha. Mereka akan menyediakan peralatan yang dibutuhkan selain itu mereka juga membantu dalam menciptakan kondisi yang baik dan efektif. Selain itu pemiliki usaha juga bisa menjadi jembatan bagi  dengan pihak lain yang membutuhkan. Selain itu keamanan juga lebih terjaga, karena dibimbing oleh ahli-ahli yang sudah profesional di bidangnya.
  1. Keuntungan lebih besar. Soal keuntungan yang diraih, tidak usah dipertanyakan dengan menjalankan bisnis franchise ini akan mendapatkan untung yang banyak. Karena selain produk dan merk sudah di kenal di masyarakat luas, dan peminatnyapun banyak. Akan mendapatkan pajak dari para pembeli atau konsumen.
  1. Kemungkinan merugi sedikit. Menjalankan bisnis franchise ini kemungkinan terjadi kegagalan atau kerugian sedikit, karena sudah ada sistem dan manejemen yang bagus dan teruji. Berbeda dengan memulai bisnis sendiri masih sering mengalami kegagalan karena tidak ada pemandu yang ahli dan tidak ada bantuan serta pengawasan dari pihak lain.
  1. Menggunakan asas keterbukaan. Keterbukaan menjadi salah satu hal dasar yang harus ada di bisnis franchise ini. Karena pada dasarnya sistem kerja dari bisnis ini merupakan kerjasama antara dua pihak yang saling berikatan dengan suatu kesepakatan. Jadi palaku usaha selalu membuat laporan keuangan yang digunakan sebagai bahan laporan kepada pemilik usaha.

Kerugian

  1. Modal awal yang besar (investasi). Menjalankan bisnis franchise maka bersiap dengan dana yang besar, karena perusahaan yang dibeli nantinya sudah memiliki label yang bagus, reputasi tinggi dan sudah dijamin kehebatannya. Jadi tidak mudah mendapatkan franchise ini, harus menyediakan dana yang besar untuk mendapatkannya. Jadi bagi yang belum siap disarankan untuk mengurungkan niat.
  1. Adanya durasi kontrak. Jika ingin maju atau berkembang, maka akan menemui kesulitan dan halangan ketika ikut dalam bisnis franchise. Karena disini ada durasi kontrak minimal 10 tahun. Jadi selama itulah harus fokus pada bisnis itu, tidak diperkenankan untuk membuka usaha baru atau memberikan suatu perubahan dalam bisnis itu. Bisa dibilang akan terkekang dengan durasi kontrak tersebut.
  1. Kurang fleksible. Kurang fleksibel disini diartikan bahwa apapun yang ada di bisnis ini sudah paten, mulai dari manajemennya, pemasarannya, lingkungan kerjanya semua sudah paten dan tidak bisa dirubah. Dalam hal ini anda sebagai pelaku usaha tidak diperkenankan untuk memberikan inovasi atau kreatifitas dalam usaha ini, anda diperkenankan untuk menjalankan dan mengikuti apa yang sudah ada.
  1. Tanggungan royalti. Merk dan produk terkenal dari bisnis waralaba yang dijalankan, mengharuskan untuk menghargainya dengan membayar royalti. Royalti dibayarkan setiap tahunnya. Bisa dibilang harus selalu menyetorkan apa yang didapat, sama halnya dengan bekerja keras orang lain yang menikmati hasilnya.
  1. Kemungkinan terjadi konflik besar. Bisnis franchise merupakan kerjasama antara dua pihak dengan kesepakatanm tertentu, hal ini cenderung mudah menimbulkan perdebatan atau konflik ketika ada suatu hal yang kurang berkenan bagi salah satu pihak.
  2. Menjaga reputasi. Tidak perlu diragukan lagi bisnis franchise memiliki reputasi yang tinggi, yang menuntut untuk menjaganya. Kesalahan sedikit saja akan membawa sebuah masalah yang besar, harus mempertanggung jawabkan reputasi bisnis ini. Akan berhadapan dengan banyak orang yang akan mencaci dan mengejam. Jadi harus benar-benar berhati-hati.
Source keuntungan dan kerugian 12 keuntungan dan kerugian
Comments
Loading...