Kiat Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris

Kiat Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris

Bisnis bimbingan belajar atau kursus bahasa khususnya untuk kursus bahasa Inggris sangat dibutuhkan saat ini karena semakin banyak orangtua yang mengharapkan anaknya cemerlang alias mendapat nilai tinggi di sekolah terutama dalam beberapa mata pelajaran tertentu seperti Bahasa Inggris. Terlebih sekarang ini banyak orangtua yang merasa tidak cukup menyekolahkan anaknya di sekolah saja. Sehabis jam sekolah anaknya diikutkan kursus, dan kegiatan ekstra lainnya.

Membuka bisnis kursus bahasa Inggris, imej atau citra memang sangat penting. Biasanya orangtua atau si anak akan mencari tempat kursus bahasa Inggris yang sudah ternama, populer atau direkomendasikan diantara teman-teman, atau yang terbukti mampu membuat prestasi akademik meroket. Ada beberapa cara untuk mendirikan usaha Kursus Bahasa Inggris. Kalau ingin mendirikan usaha dengan cepat tentu bisa membeli nama kursus bahasa Inggris terkenal, izin buka dan operasional dari kursus bahasa Inggris ternama. Inilah yang disebut franchise atau waralaba. Namun, sayangnya sistem waralaba ini membutuhkan modal untuk memulai yang cukup besar termasuk membeli izinnya. Belum lagi ada sistem bagi hasil atau royalti yang harus diberikan ke pemilik waralaba (franchisor).

Caranya untuk mengangkat imej kursus bahasa Inggris supaya banyak peminatnya

  1. Pilih lokasi strategis yang dekat pemukiman atau perumahan dan sekolah yang dibidik. Tujuannya supaya kursus bahasa Inggrisn cepat dikenal dan memudahkan peserta datang.
  2. Menunjukkan bukti kalau kursus bahasa Inggris yang dimiliki mempunyai nilai lebih sehingga meyakinkan bisa membuat prestasi akademik menonjol. Ini bisa dilakukan dengan memakai kurikulum yang terkini, tentor yang berkualitas, atau menonjolkan kalau Anda misalnya mantan guru sehingga mengesankan ahli di bidang pendidikan.
  3. Rajin membangun promosi di awal-awal buka. Ini bisa dilakukan dengan memasang papan nama, spanduk, umbul-umbul, dan menyebar brosur yang menarik secara rutin di kawasan perumahan atau sekolah-sekolah sekitar.
  4. Bekerja sama dengan sekolah atau kalau mungkin guru-guru di sekolah. Tujuannya supaya pihak sekolah atau guru mau merekomendasikan bimbingan belajar di tempat bimbel kita. Kerja sama ini bisa beragam bentuknya mulai dari kurikulum, latihan soal dll.
  5. Kursus bahasa Inggris bisa menawarkan program “Coba gratis 1x”. Ini layaknya sampel yang dibagikan secara gratis. Bisa ditulis dalam spanduk supaya banyak anak mencoba sekali. Tujuannya kalau setelah mencoba sekali merasa cocok, si anak tentu akan tertarik untuk memakainya terus.
  6. Menawarkan program pendaftaran yang menarik jika dalam bentuk kelompok. Tujuannya supaya anak yang satu mengajak temannya yang lain. Misalnya kalau yang mendaftar sekaligus dalam kelompok terdiri dari 3 anak dapat harga khusus atau diskon. Kalau mendaftarnya sekaligus 5 anak diskonnya lebih besar. Nah, jadinya satu anak akan mengajak anak yang lain, jadi tempat kursus cepat mendapat pelanggan.
  7. Melakukan komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Ini cara pemasaran yang ampuh. Komunikasi yang menyebar dari mulut ke mulut bisa terjadi kalau kursus bahasa Inggris yang dimiliki memiliki metode yang luar biasa sehingga siswa bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Kalau anak yang mencoba merasakan nilai lebih yang luar biasa, misal merasa sangat nyaman dalam belajar sehingga cerita ke teman-temannya.
  8. Memanfaatkan internet untuk pemasaran kursus bahasa Inggris. Masuklah ke facebook atau grup-grup anak sekolah lalu tawarkan solusi belajar ke mereka.
  9. Bekerja sama dengan media massa seperti surat kabar atau tabloid untuk peliputan. Tawarkan mereka untuk meliput keunikan atau nilai lebih kursus bahasa Inggris yang dimiliki. Differensiasi atau nilai lebih memang harus ada supaya pihak media massa mau meliput dan membuat tulisan tentang kursus bahasa Inggris. Kalau berhasil masuk ke media massa tentu membuat populer dan menaikkan imej kursus bahasa Inggrisnya.

Tentor menjadi ujung tombak, kursus bahasa Inggris yang disukai atau tidak oleh anak didik. Untuk itu perlu direkrut tentor yang pintar, cerdas, berpengalaman, pandai menjelaskan dan juga memiliki kecintaan terhadap anak. Tentor perlu sabar dan ramah. Untuk balas jasa tentor bisa dibagi menjadi dua : tentor tetap dan tentor paruh waktu. Tentor tetap berarti sebagai karyawan tetap tentu saja mendapat gaji sesuai dengan aturan tenaga kerja seperti minimal UMR. Biasanya banyak juga tentor yang paruh waktu atau part time. Kalau tentor seperti ini biasanya diberikan upah sesuai jam mengajar, misal Rp 50,000/jam. Untuk upah ini sesuaikan dengan kondisi daerah dan perhitungkan lebih dulu untung rugi Tentor Anda antara pemasukan dan biaya-biayanya.

Source Kiat Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris Bagaimana Tips / Kiat Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris Sendiri?
Comments
Loading...