Kimia Farma Siapkan Rp 2 Triliun Untuk Akuisisi

Kimia Farma Siapkan Rp 2 Triliun Untuk Akuisisi

PT Kimia Farma Tbk (KAEF) menyiapkan banyak ekspansi tahun ini. Selain memburu kenaikan pendapatan dari bisnis organik, KAEF juga akan memperbesar bisnis farmasi melalui akuisisi. Pihak KAEF tengah membidik empat perusahaan lokal untuk diakuisisi. Perusahaan tersebut bergerak di bidang farmasi dan kosmetik.

Demi ekspansi anorganik tersebut, KAEF menganggarkan dana investasi sebesar Rp 2 triliun. Sebanyak 70% dari anggaran tersebut diambil dari penerbitan surat utang jangka menengah atawa medium term notes (MTN). Lalu sisanya akan dipenuhi dari kas internal.

KAEF akan menerbitkan MTN tahap kedua senilai Rp 600 miliar. Rencananya, penerbitan MTN akan dilakukan maksimal pada kuartal II-2018 mendatang. Surat utang tahap kedua itu merupakan bagian dari rencana penerbitan MTN sebesar Rp 1 triliun pada 2017 lalu. Sebelumnya, KAEF sudah menerbitkan MTN tahap pertama sebesar Rp 400 miliar. Kupon yang ditawarkan pada surat utang bertenor tiga tahun ini sebesar 8,1%.

Anggaran ekspansi anorganik sudah termasuk dalam anggaran belanja modal (capex) perusahaan. KAEF menyiapkan capex Rp 3,5 triliun di 2018. Saat ini, KAEF juga tengah merampungkan proses akuisisi perusahaan ritel farmasi Al Dawaa Medical Company. KAEF ingin menjadi pemegang saham mayoritas pada perusahaan asal Arab Saudi tersebut. KAEF juga masih membuka peluang untuk mencari pendanaan alternatif melalui pinjaman perbankan.

Source https://investasi.kontan.co.id/ https://investasi.kontan.co.id/news/kimia-farma-siapkan-rp-2-triliun-untuk-akuisisi
Comments
Loading...