Kisah Sukses Olivia Antoni

Kisah Sukses Olivia Antoni

Perempuan juga bisa sukses di bisnis otomotif. Olivia Antoni membuktikannya. Ia berhasil membangun usaha showroom mobil di Cilegon, Banten. Bahkan, bisa dibilang, perempuan tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) ini menjadi pebisnis pertama yang mewaralabakan usaha showroom mobil di Indonesia.

Meski tak pernah mengecap pendidikan di bangku kuliah, Olivia tidak patah semangat. Setelah lulus SMA, ia bekerja sebagai sales di perusahaan otomotif. Berbekal pengalaman selama delapan tahun di sana dan tabungan yang terkumpul ia memberanikan diri membuka usaha showroom Aldo Mobilindo di Cilegon, Banten, pada 2007 silam.

Showroom mobil ini menjual mobil bekas dari kelas fast moving hingga premium. Berkat kerja keras dan pengalamannya, bisnis Olivia berkembang pesat. Perempuan 37 tahun ini pun menemukan strategi ekspansi yang jitu untuk mengembangkan usahanya, yakni melalui sistem waralaba. Aldo Mobilindo menjadi waralaba showroom mobil pertama yang ada di Indonesia.

Aldo Mobilindo sudah punya 24 cabang yang tersebar di Jakarta, Bogor, Pekalongan, Yogyakarta, Palembang, hingga Makassar. Penjualan mobil di Aldo Mobilindo tergolong moncer. Buktinya, Olivia bilang, tiap outlet bisa mencatatkan penjualan lebih dari Rp 1 miliar per bulan.

Kesuksesan itu membuatnya makin percaya diri merintis usaha lain. Maka, mulai 2008, Olivia pun merambah usaha spa, yang dinamai The Family Spa. Mengikuti jejak usaha sebelumnya, ia pun mewaralabakan bisnis spa tersebut.

Kini, setidaknya ada tujuh outlet The Family Spa yang tersebar di Jambi, Makassar, Medan, dan Tangerang. Omzet setiap outlet mencapai Rp 100 juta sebulan. Kesuksesan yang diraih Olivia membuat ibu dari tiga orang anak ini meraih penghargaan sebagai Mompreneur Indonesia versi Majalah Duit pada 2011. Kemudian, tahun lalu, ia terpilih menjadi Wanita Excelent Indonesia versi majalah Excelent.

Selain mengembangkan bisnis, ia kerap mengisi acara seminar bisnis. Tujuannya, memotivasi pebisnis lain untuk mengikuti jejaknya. Olivia tidak pernah merasakan pendidikan universitas. Tapi sudah memotivasi banyak dosen, dokter, dan ribuan orang untuk jadi wirausawahan.

Salah satu kunci sukses menjadi wirausahawan adalah keberanian. Meski hanya tamatan SMA, dia tidak pernah minder. Dengan berani, ia mempekerjakan orang lain yang pendidikannya lebih tinggi. Selain itu, harus jeli menangkap peluang usaha sekecil apapun.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/mantan-sales-yang-sukses-bisnis-showroom-mobil-1
Comments
Loading...