Kisaran Modal Waralaba Ritel Modern

Kisaran Modal Waralaba Ritel Modern

Bisnis waralaba ritel modern atau minimarket kini menjadi salah satu pilihan menarik bagi pemilik modal untuk mengembangkan pundi-pundinya. Pengelolaan yang relatif mudah serta waktu kembali model yang cukup singkat membuat bisnis waralaba ritel modern tak hanya menjamur di kota besar namun sudah banyak merambah kota kecil.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pemilik jaringan Alfamart, Alfa Midi dan Lawson misalnya, mengalami kebanjiran permintaan pembukaan gerai baru khususnya dari para investor domestik. General Manager Corporate Communication Alfamart, Nur Rachman, mengatakan investasi untuk pembukaan satu gerai waralaba memang tidak terlalu besar. Hal inilah yang membuat  pemodal dalam negeri banyak mengutarakan ketertarikannya.

Untuk pembukaan satu gerai baru Alfamart dengan konsep waralaba membutuhkan investasi sedikitnya Rp 400 juta. Sedangkan untuk investasi toko dengan sistem take over atau mengambil alih dari toko reguler sedikitnya membutuhkan dana Rp 600 juta.

Investasi tersebut mencakup renovasi, perlengkapan untuk di toko, instalasi listrik, perijinan hingga franchise fee sebesar Rp 45 juta dan di luar investasi lahan dan bangunan. Franchise fee tersebut diperbarui setiap lima tahun dengan royalti 0%-4% tergantung penjualan. Masa kemabli modal atau Break Event Point (BEP) diperkirakan sekitar 3,5 tahun.

Sedangkan pembagian keuntungan pertama akan diterima franchisee setelah 6 bulan pembukaan toko, selanjutnya akan diterima setiap 3 bulan sekali. Nur Rachman menambahkan, khusus gerai waralaba sebaiknya lahannya tidak menggunakan sistem sewa seperti halnya gerai reguler. Biayanya akan lebih besar sebab harus membayar sewa tempat tiap lima tahunan dan dibayar di muka.

Source http://www.kabarbisnis.com/ http://www.kabarbisnis.com/read/2853845/mau-buka-usaha-ritel-modern--ini-kisaran-modalnya
Comments
Loading...