Konsistensi dan Inovasi Jadi Kunci Tetap Eksis Berwaralaba

Konsistensi dan Inovasi Jadi Kunci Tetap Eksis Berwaralaba

Boleh jadi, persaingan di bisnis waralaba kuliner saat ini lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Apalagi selama tiga tahun belakangan, jenis kuliner fusion banyak bermunculan. Tren kuliner fusion ini banyak dilirik oleh anak-anak muda. Pemain waralaba kuliner pun berusaha menyesuaikan diri lewat berbagai inovasi.

Seperti Es Teler 77 yang melakukan berbagai inovasi dalam  menu, konsep desain, dan konsep marketing. Untuk inovasi menu, Es Teller 77 meluncurkan menu es teler durian. Ada pula menu kopi yang disediakan di restoran Es Teler 77.

Lalu untuk desain interior, mereka juga merombak beberapa ornamen dan elemen di gerainya. Jika selama ini, ornamen gerai Es Teler 77 didominasi warna hijau dan kuning, kini desain menonjolkan kesan modern. Dari segi marketing, demi menjangkau pasar anak muda, Es Teler 77 mengaktifkan beberapa foodtruck. Gerai ini biasanya beroperasi di event, kampus atau sekolah.

Menu di gerai foodtruck juga berbeda dari menu di gerai atau restoran. Kunci agar tetap eksis meski kondisi persaingan makin ketat adalah konsisten di segala aspek, mulai dari rasa, pelayanan, pengelolaan SDM, sampai operasional.

Jika Es Teler 77 memilih bertahan dengan menu – menu original dan otentik sehingga bisa tetap bertahan, lain halnya dengan Cita Rasa Prima (CRP) Grup yang memilih sebaliknya. Pemilik lisensi dan waralaba Warunk Up Normal tersebut justru memilih makanan yang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia, kemudian dimodifikasi.

Rex Marindo, Direktur Marketing sekaligus founder CRP Grup, penentuan menu yang mudah masuk ke pasar akan memudahkan promosi. Strategi selanjutnya adalah inovasi dan modifikasi. Menurutnya dalam bisnis kuliner kedua hal tersebut penting untuk memberi ciri khas terhadap bisnis kuliner yang kita miliki.

Misal, Warunk Upnormal selama ini dikenal sebagai pelopor warung makan indomie (Warmindo) kekinian. Berbagai racikan bumbu dan topping indomie yang disajikan di Warunk Upnormal berbeda dari Warmindo biasanya. “Itulah penting inovasi dan modifikasi menu,” ungkapnya.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/2018-pertumbuhan-industri-waralaba-10-20?page=2
Comments
Loading...