Kreativitas dan Inovasi Usaha Waralaba

Kreativitas dan Inovasi Usaha Waralaba

Perkembangan usaha waralaba dari tahun ke tahun memang terus mengalami peningkatan. Hal ini juga dibuktikan dari animo masyarakat yang cukup besar untuk menjadi entrepreneur sukses melalui jalur singkat yaitu dengan membeli merk usaha waralaba atau menjadi Terwaralaba.

Harus ada sesuatu yang baru merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha waralaba. Hal yang baru bisa berupa produk baru, kemasan baru, atau cara marketing baru, desain booth baru dan lainnya. Hal ini bisa membuat konsumen tidak cepat bosan, karena ada suatu hal yang baru.

Kreativitas dan Inovasi Membuat Usaha Waralaba Tetap Eksis

Pewaralaba tidak hanya beriorientasi pada keuntungan semata dengan mewaralabakan usahanya. Ada baiknya keuntungan yang diperoleh dengan menjual merk waralabanya dikembalikan untuk pengembangan usaha sehingga lebih dikenal yang akan mendatangkan calon pembeli waralaba (calon Mitra baru) dan juga konsumen baru di setiap gerai waralaba. Karena tak bisa dipungkiri jika usaha waralaba dapat bertahan, juga karena kreativitas dan inovasi dalam berusaha dan produk yang ditawarkannya, sehingga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan usaha lain yang sejenis.

Bagi Pewaralaba baru yang telah sukses ataupun yang masih berjibaku untuk memenangkan persaingan yang ada, haruslah memiliki agenda dalam melakukan kreativitas dan inovasi untuk diterapkan pada usahanya. Dengan begitu, ide-ide cemerlang akan terus terasah di otak mereka dan akan mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan usaha waralaba.

Dari sisi marketing, ide kreatif dan inovatif juga bisa sangat menjual. Hanya saja perlu lebih banyak strategi pemasaran produk, apalagi menjual sebuah usaha waralaba. Memang pemasaran usaha waralaba melalui ajang pameran masih menjadi cara paling jitu menjaring lebih banyak calon Terwaralaba (Mitra) namun esensi yang paling penting adalah bagaimana menarik calon Terwaralaba dengan memberikan paket-paket menarik yang  sesuai dengan segmentasi pasar dan modal calon Terwaralabanya. Jika hanya sekedar menyebar brosur dan kartu nama saja tak harus melalui pameran, yang penting ialah menjawab semua pertanyaan calon Terwaralaba secara langsung sehingga perlu disiapkan tim manajemen yang dapat menjelaskan prospectus usaha. Lebih menarik jika seorang Pewaralaba bisa menghadirkan beberapa Terwaralaba yang telah sukses menjalankan usaha waralaba yang dijualnya.

Source ide bisnis Kreatif dan inovatif
Comments
Loading...