Kriteria Memilih Tim CS

Kriteria Memilih Tim CS

Banyak pengusaha yang salah pilih Tim CS. Tim CS yang sudah direkrut tidak dapat melayani dengan bak dan justru mengecewakan customer. Tentu saja ini akan berdampak tidak baik pada perusahaan. Masih banyak pengusaha yang merekrut seorang CS dengan menggunakan feeling ‘kelihatannya cocok’.

Padahal kita tahu bahwa ada alat bantu test karakter untuk mengurangi kesalahan memilih. Alat test yang biasa digunakan adalah Test DISC (Dominant Influence Steadiness Complience). Dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Dominan Intim Stabil Cermat. Melalui test ini bisa dianalisa karakter seseorang sehingga bisa dipilih tim CS yang dikehendaki.

Tim CS yang akan Direkrut Harus memiliki kriteria

Bisa Mendengarkan Dengan Baik

Sebagai CS, hal pertama yang harus dimiliki adalah ketrampilan untuk bisa mendengarkan orang lain. Sifat ini akan sangat jelas terlihat pada saat Anda berbicara langsung dengan mereka.

Bisa Berkomunikasi Verbal

Tidak banyak orang yang lancar dalam berkomunikasi. Anda harus memilih Tim CS yang pandai berkomunikasi dalam bahasa yang santun.

Bisa Berempati

Empati mudah diucapkan tapi tidak mudah dilakukan. Untuk bisa ber-empati, sesorang harus benar-benar fokus dan bisa merasakan apa yang dirasakan oleh lawan bicara. Cobalah untuk melihat dengan jeli apakah calon CS Anda punya karakter ini.

Kemampuan Problem Solving

CS wajib memiliki hal ini karena tidak sema masalah yang dihadapi pernah terjadi sebelumnya. Jadi kemampuan menyelesaikan masalah menjadi sangat penting.

Mudah Belajar Hal Baru

Tim CS yang Anda pilih sebaiknya suka belajar hal-hal baru dan mudah menyerap pembelajaran yang diberikan. Ini penting karena CS harus menguasai Product Knowledge dengan baik.

Source http://majalahfranchise.com/ https://www.majalahfranchise.com/article/559/cara-memilih-customer-service-yang-tepat
Comments
Loading...