Kunci Sukses UMKM Bisa Mendunia

Kunci Sukses UMKM Bisa Mendunia

Usaha kecil dan menengah sudah terbukti mampu menjual produknya ke luar negeri. Salah satu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sukses adalah Hendy Setiono yang merupakan CEO Kebab Baba Rafi. Perlu usaha lebih dari para pelaku usaha untuk bisa menjual produknya hingga luar negeri.

Hendy menjelaskan, mulanya ia hanya punya satu gerai di Surabaya tahun 2003, namun saat ini sudah mencapai 1.300 outlet di 9 negara. Keberhasilan ini sukses ia raih dengan pengembangan bisnis melalui sistem waralaba atau franchise.

Kunci suksesnya yaitu mengembangkan baba rafi dengan sistem franchise, ini salah satu kunci sukses partner memperkenalkan merek lokal ke luar negeri, terbukti dengan beberapa gerai kami di Malaysia, Brunei itu berjalan cukup baik. Hendy memberikan semangat melalui tips kepada para pelaku usaha kecil dan menengah yang ingin memperluas pasarnya ke luar negeri.

Tiga kunci sukses UMKM untuk bisa mendunia

  1. Kemasan dan branding itu penting, di mana dari segi produk sudah banyak yang bagus dan rasanya enak, namun kemasan dan branding-nya belum naik kelas. Produk itu perlu dikemas dengan packaging yang proporsional untuk ekspor.
  2. Manajemen yang baik. Bagaimana menyiapkan SDM manajemen atau pelaku usaha ini dengan yang berskala global. Misalnya dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, dan juga pengetahuan mengenai bisnis di luar negeri akan menjadi nilai tambah.
  3. Pemanfaatan media online, ini sesuatu yang harus dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis agar bisa diketahui di luar negeri. Dengan konten bagus bisa menjadi daya tarik dari produk kita.
Source https://kumparan.com/ https://kumparan.com/@kumparanbisnis/usaha-kecil-bisa-menuju-pasar-global
Comments
Loading...