Langkah yang Diperlukan untuk Memulai Bisnis Waralaba

Langkah yang Diperlukan untuk Memulai Bisnis Waralaba

Bisnis franchise atau waralaba adalah bisnis yang menggunakan metode kerjasama dalam sistem mendistribusikan barang atau jasa yang dijualnya. Kerjasama tersebut akan dijalin berdasarkan kesepakatan antara franchisor (pemilik usaha) dengan frainchisee (pemilik modal). Biasanya, bisnis waralaba adalah bisnis yang sudah memiliki brand terkenal dan sukses di pasar.

Dalam bisnis franchise, franchisee hanya diminta untuk memenuhi syarat dan kontrak bisnis yang sudah ditetapkan franchisor. Setelah itu franchisee dapat langsung menjalankan usaha tanpa harus memikirkan branding atau strategi pemasaran lainnya.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika akan memulai bisnis waralaba

  1. Kenali diri anda terlebih dahulu! cari tahu tentang diri anda,  ingin bisnis yang seperti apa, dan usaha jenis apa? jika anda seorang ibu rumah tangga, yang suka dengan makanan, dan tahu betul bagaimana membuat makanan yang enak! waralaba makanan adalah pilihan terbaik anda.
  2. Sudah berapa lama waralaba tersebut berjalan? Sudah berapa banyak cabang waralaba tersebut ada? Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tersebut? Jika waralaba tersebut sudah berjalan lebih dari 4 tahun, memiliki banyak cabang, dan tidak membutuhkan modal besar, maka waralaba tersebut memiliki potensi yang cukup baik. Karena data tersebut sudah menunjukkan bahwa bisnis waralaba tersebut sudah teruji dengan waktu
  3. Waralaba hanyalah sebuah produk. Produk tidak akan berjalan dengan sendirinya dan membuat anda sukses dalam bisnis tersebut. Akan tetapi jika anda memasarkan produk tersebut dengan baik, bahkan waralaba seburuk apa pun, 80% bisnis anda akan sukses. Artinya, kualitas sebuah produk memang penting, tapi jauh lebih penting adalah bagaimana cara anda menjual produk tersebut ke orang banyak. Caranya cukup mudah kok, cari lokasi yang tepat, dan usahakan trafik atau orang-orang yang berkunjung memiliki interest yang sama dengan produk anda. Mungkin anda akan berpikir secara instant dan terfokus pada Mall. Lupakan tentang mall, karena jika anda sebagai pemula dan membuka waralaba dengan biaya sewa puluhan juta, saya yakin kehidupan bisnis anda akan menjadi tidak sehat. Karena pastinya beban biaya sewa, akan membuat anda sangat terbebani dengan target penjualan, agar bisa menutupi biaya tersebut. Dalam bisnis itu tidak ada yang pasti. Jadi jangan terjebak terlebih dahulu dengan biaya sewa yang mahal tersebut.
  4. Jika bisnis anda sudah berkembang dengan sangat pesat dan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak, langkah selanjutnya yang paling masuk akal adalah perbesar dan perbanyak bisnis anda. Jika masih ada ruang, lakukan, jika tidak, coba cari bisnis lain, dan replika cara bisnis anda sebelumnya pada bisnis yang baru anda jalani. Karena seorang pebisnis yang sudah pernah sukses, biasanya akan membuat kesuksesan lain.
Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read130234/ini-langkah-yang-diperlukan-untuk-memulai-bisnis-waralaba.html
Comments
Loading...