Lima Waralaba Lokal Yang Mulai Mendunia

Lima Waralaba Lokal Yang Mulai Mendunia

Waralaba asing berbondong-bondong menyerbu Indonesia karena pasarnya yang besar. Pemerintah mencoba menahan laju gempuran waralaba asing dengan mengeluarkan aturan pembatasan waralaba restoran. Namun, sejauh mana efektivitasnya, belum bisa terlihat saat ini.

Waralaba lokal pun harus bersaing ketat dengan waralaba asing yang ‘menjajah’ pasar dalam negeri. Tapi di balik itu, ternyata waralaba lokal banyak yang sudah mulai menyerbu pasar di negara lain. Data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menyebutkan, beberapa waralaba berlabel merah putih sudah mulai mendunia dan siap bersaing di pasar internasional.

AFI meminta pemerintah lebih aktif memberi bantuan sebagai stimulus agar waralaba atau franchise lokal bisa mendunia atau go internasional. Harus diakui, tampilnya waralaba lokal di pasar internasional menumbuhkan kebanggaan tersendiri. Di sisi lain, masuknya franchise dalam negeri ke pasar internasional akan memberikan keuntungan bagi negara dalam hal bentuk devisa.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pun pernah berjanji mendukung penguatan waralaba lokal di dunia internasional. Namun Gita mengingatkan jika perusahaan yang ingin membuka cabang di luar negeri harus dapat berproduksi sendiri dan tidak hanya menjajakan dagangan asal negeri tersebut. Pemerintah juga mendorong waralaba lokal tidak hanya melakukan ekspansi di kawasan ASEAN saja. Tapi juga menuju India dan China yang memiliki potensi pasar tinggi.

Lima Waralaba Lokal Yang Mulai go internasional

  1. Es Teler 77
  2. J.Co
  3. Pecel Lele Lela
  4. Ayam Bakar Mas Mono
  5. Bumbu Desa
Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/lima-waralaba-lokal-yang-mulai-mendunia.html
Comments
Loading...