Masih Cerahkah Waralaba Makanan Di Indonesia

Masih Cerahkah Waralaba Makanan Di Indonesia

Pengurus Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Bije Widjajanto, mengatakan industri waralaba makanan pada tahun ini mengalami penurunan meski tidak signifikan. Dia yakin kondisi ini akan berbalik saat akhir tahun. Jika merujuk pada siklus tahunan, geliat bisnis waralaba makanan mengalami penurunan di awal tahun. Lalu mulai naik perlahan di bulan kedua.

Penurunan paling parah, lanjutnya, terjadi sesaat sebelum memasuki Ramadan. Tetapi, gairah industri waralaba makanan kembali terlihat usai Lebaran Idul Fitri. Bije menilai masyarakat saat ini sedang mengalami perubahan pola konsumsi. Masyarakat cenderung lebih mengutamakan kebutuhan yang bersifat pokok untuk sehari-hari.

Salah satu pelaku bisnis waralaba makanan, Ratna Dwikora, mengamini pernyataan Bije. perempuan yang sudah memiliki 10 cabang usaha di Jabodetabek ini mengaku bisnisnya mengalami penurunan kinerja. Peningkatan signifikan tidak, tapi secara umum ada beberapa cabang ada yang turun, ada yang stagnan (tetap) ada juga yang membaik. Pemilik Mie Aceh Seulawah ini menganggap, melemahnya industri waralaba makanan merupakan hal wajar dalam sebuah bisnis. Kondisi tersebut akan membaik di akhir tahun ini.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/masihkah-cerah-waralaba-makanan-di-indonesia-waralaba-makanan-di-indonesia.html
Comments
Loading...