Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

Sebelum membeli bisnis waralaba, sebaiknya Anda jeli dalam melihat peluang bisnis waralaba. Terlebih jika Anda menginginkan bisnis waralaba dengan modal kecil. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai peluang bisnis waralaba modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan.

Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman

Menjalankan bisnis waralaba makanan dan minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Merintis bisnis makanan, misalnya restoran atau tempat makan dengan merek dagang baru adalah sebuah tantangan yang cukup sulit.

Terutama untuk orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis makanan sebelumnya. Selain itu, menjalankan usaha franchise makanan dan minuman menjadi salah satu opsi yang sangat tepat untuk permasalahan tersebut.

Ada banyak usaha waralaba makanan dan minuman yang menawarkan franchise-nya dengan harga yang relatif murah, tapi memang tidak semua cocok dengan Anda. Sebaiknya, kita memilih bisnis waralaba makanan dan minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan dengan harga terjangkau.

Bisnis Waralaba Laundry dan Jasa Kebersihan

Kalau kita perhatikan, bisnis laundry ternyata punya potensi yang sangat bagus. Apalagi, kalau bisnis ini dijalankan di lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba laundry, biasanya franchisor (pemilik waralaba) akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.

Biasanya, bisnis waralaba laundry dan jasa kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan, dekat kampus, dan indekos. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa laundryuntuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka daripada harus mencuci sendiri. Selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapi, dan harga jasanya juga relatif murah.

Ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, pastikan kita memilih usaha waralaba yang punya reputasi baik dan mau memberikan solusi pada masalah Anda sebagai pemula dalam bisnis ini. Untuk bisnis ini, lebih baik mengeluarkan modal agak besar di awal untuk waralaba dari franchisor yang punya reputasi baik daripada modal kecil. Tapi potensi risiko lebih besar karena franchisor tidak memiliki reputasi dalam bisnis jasa laundry.

Bisnis Franchise di Bidang Kesehatan dan Kecantikan

Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasan mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis bidang kesehatan dan kecantikan menawarkan waralabanya kepada calon pengusaha seperti Anda. Akan tetapi, sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Misalnya, Anda ingin memiliki usaha spa, pilihlah bisnis franchise spa yang sudah cukup terkenal dan biayanya terjangkau.

Usaha Waralaba di Bidang Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Terdapat banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendidikan dan pelatihan yang menawarkan waralaba bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila Anda adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, Anda harus mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.

Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang murah. Ada di antara mereka yang menawarkan waralabanya dengan harga yang sangat mahal. Tentunya, kita harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

Bisnis Franchise di Bidang Retail

Secara singkat, bisnis retail bisa definisikan sebagai usaha menjual produk, baik itu barang atau jasa kepada perorangan/keluarga untuk memenuhi keperluan si pembeli. Tidak jarang orang menganggap bahwa bisnis retail hanya menjual produknya di sebuah toko. Pada kenyataannya, penyewaan komik, dokter gigi, dan beberapa usaha retail lainnya tidak selalu berbisnis melalui toko pada umumnya.

Saat ini ada banyak bisnis retail yang ditawarkan kepada masyarakat dengan sistem waralaba. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memiliki bisnis retail dengan brand yang bisa langsung dikenal masyarakat dan sudah memiliki SOP (standar operational procedure) yang jelas.

Beberapa contoh waralaba di bidang retail adalah Vecto Solution (pemberantas hama bangunan), Toserba Elektrik (perangkat elektrik), Indomaret, Rajawali Mart, dan Titipan Kilat JNE. Dari beberapa jenis waralaba yang sudah disebutkan di atas.

Tentunya Anda punya pilihan sendiri waralaba apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan finansial Anda. Setelah memilih jenis waralaba, tentunya ada hal lain yang perlu diperhatikan ketika kita ingin menjalankan bisnis ini yaitu bagaimana cara mencapai keberhasilan bisnis waralaba kita.

Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read177245/memilih-bisnis-waralaba-dengan-modal-kecil.html
Comments
Loading...