Memilih Franchisee Yang Ideal

Memilih Franchisee Yang Ideal

Salah satu bisnis yang tidak sedikit dijalankan masyarakat adalah waralaba atau franchise. Ketika usaha yang dirintis telah berkembang, tidak jarang pebisnis memutuskan untuk mewaralabakan usahanya. Franchisee adalah terwaralaba atau pihak yang membeli lisensi dalam skema waralaba.

Mereka memiliki pengalaman bisnis nol tetapi kemudian menggunakan pengalaman dan kemampuan bisnis dari pihak pewaralaba untuk membuat bisnis yang didirikan untuk sukses. Jika berminat untuk menjadi pengusaha waralaba, ada baiknya Anda memahami persyaratan apa saja yang diperlukan untuk bisa sukses di bidang bisnis ini. Syarat ini bermula dari dalam diri Anda sendiri.

Syarat-syarat yang biasanya diperlukan agar seseorang bisa menjadi franchisee sukses

Tunduk pada sistem

Orang-orang yang terlibat di dalam skema bisnis waralaba haruslah mereka yang memiliki kepatuhan pada aturan yang diberikan franchisor. Karena itu, jika Anda merasa diri Anda adalah orang yang relatif tidak suka menunggu dalam membuat keputusan bisnis, tidak suka tunduk dalam aturan orang lain, akan lebih baik untuk membangun bisnis sendiri daripada mengikuti bisnis waralaba.

Rela membayar franchise fees

Kerelaan itu mungkin muncul dalam diri Anda di masa-masa awal. Namun, mungkin suatu saat Anda akan merasa dibebani terus. Kerelaan ini perlu dijaga agar bisnis waralaba Anda tetap berjalan. Ingat, Anda menggunakan konsep bisnis dan sistem yang franchisor sudah siapkan. Dan inilah konsekuensinya.

Memahami adanya risiko

Jangan masuk dalam dunia waralaba dengan pola pikir untung terus. Risiko itu akan selalu ada.

Komunikasi dan kepemimpinan

Bagaimanapun juga Anda harus bisa berkomunikasi dan memimpin orang lain.

Terlibat

Siapkah Anda menjadi pengusaha? Meski memang bisnis waralaba bisa dikatakan sebagai bisnis yang memiliki konsep autopilot, tetap saja Anda sebagai franchisee adalah pilotnya. Fungsinya adalah sebagai pengawas.

Menjual (mempromosikan bisnis Anda sendiri)

Saat bertemu dan berjejaring dengan banyak orang, cobalah untuk memperkenalkan diri dan bisnis waralaba yang Anda sedang jalankan saat itu. Itulah tugas Anda yang lain sebagai pengusaha waralaba.

Pengetahuan dan ketrampilan dasar (basic knowledge and skills) yang memadai

Biasanya pelatihan disediakan oleh franchisor.

Source https://kumparan.com/ https://kumparan.com/kabarbisnis/pilih-pilih-franchisee-yang-ideal
Comments
Loading...