Mempertahankan Bisnis Dengan Menjaga Kepuasan Franchisee

Mempertahankan Bisnis Dengan Menjaga Kepuasan Franchisee

Sebelum seorang franchisor melakukan evaluasi terhadap kinerja franchisee terkait tingkat kepuasan konsumen terhadap gerai yang ditanganinya. Langkah bijak yang semestinya dilakukan adalah menanyakan kepada diri sendiri. Apakah selaku franchisor dirinya telah dapat memberikan kepuasan terhadap franchisee yang telah berinvestasi?

Pertanyaan yang mendasar tersebut perlu dilakukan, karena menjaga tingkat kepuasan franchisee merupakan bagian penting dalam mengembangkan bisnis waralaba. Sebab franchisee-lah customer pertama yang lewat kerja kerasnya. Bisnis yang dikembangkan oleh franchisor dapat menyentuh end user atau para pelanggan.

Jika franchisor tidak dapat menjaga kepuasan franchisee, setidaknya ada dua dampak negatif yang akan langsung mengikuti. Pertama pelayanan yang diberikan franchisee terhadap para pelangggan tidak dapat maksimal yang akan berpengaruh terhadap menurunnya tingkat profitable dan marketable.

Dampak negatif kedua, bukan tidak mungkin franchisee akan memutus ikatan kerjasama kemudian membuka bisnis waralaba sendiri, sehingga kompetitor bisnis pun menjadi semakin bertambah. Menjaga kepuasan franchisee hukumnya wajib untuk dilakukan fanchisor jika berharap bisnis waralabanya dapat lebih menggurita.

Source http://infobisnisfranchise.com/ http://infobisnisfranchise.com/tips-menjaga-kepuasan-franchisee/
Comments
Loading...