Memulai Usaha Kuliner Bermodal Hutang Rp 150 Juta

Memulai Usaha Kuliner Bermodal Hutang Rp 150 Juta

Tekanan yang tinggi bisa menjadi suntikan semangat bagi beberapa orang untuk memulai usaha. Sebut saja, Riezka Rahmatiana. Perempuan kelahiran 26 Maret 1986 ini memulai usaha di bidang kuliner justru ketika terlilit utang sebesar Rp150 juta.

Berkat kerja kerasnya, saat ini dirinya telah membuka 250 gerai (sebagian besar franchise) “Justmine Pisang Ijo” di berbagai daerah di Indonesia serta 1 gerai di Selangor, Malaysia. Riezka sendiri telah menggemari wirausaha semenjak kuliah. Bermacam usaha ia coba rintis, kegagalan pun menyertai.

Setidaknya ia sudah pernah menjalankan usaha menjual jus, tofu, serta kafe yang semuanya gagal. Justmine Pisang Ijo adalah usaha yang kesembilan. Dalam keadaan tidak punya modal, Riezka pun memutar otak dalam mencari uang. Ia akhirnya menjual telepon genggamnya dengan harga Rp150 ribu. Dengan uang itulah ia merintis usaha pisang ijo pada tahun 2008 di Bandung.

Riezka kemudian belajar otodidak membuat pisang ijo sampai rasanya mirip dengan aslinya. Sempat mengalami penghinaan dan ejekan dari orang-orang, tetapi Riezka tidak putus asa. Pada waktu itu agak sulit memulai usaha pisang ijo karena belum banyak orang yang tahu, apalagi di Bandung.

Setelah kualitasnya sudah mirip dengan yang di Makassar, ia kemudian terjun langsung menjajakan pisang ijo dengan gerobak. Pelajar dan mahasiswa jadi segmentasi utamanya. Setelah penolakan demi penolakan, lambat laun pisang ijo pun diterima masyarakat.

Dua bulan setelahnya, ia ciptakan rasa baru Pisang Ijo, seperti: coklat, vanilla, strawberry, serta durian. Pada tahun 2009, setelah membuka cabang ketiga, ia pun mengubah sistem bisnis dari individu menjadi franchise. Untuk gerai kecil, modal yang dibutuhkan sekitar Rp15 juta, sedangkan gerai besar Rp55-Rp150 juta. Ia juga sangat menghargai adanya pesaing.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/103050-memulai-usaha-kuliner-bermodal-hutang-rp-150-juta.html
Comments
Loading...