Omset Bisnis Waralaba Capai Rp120 Triliun per Tahun

Omset Bisnis Waralaba Capai Rp120 Triliun per Tahun

Menurunnya daya beli masyarakat tentu saja berpengaruh bagi beberapa sektor industri. Namun, sektor waralaba masih menjadi pilihan utama bagi para pelaku usaha. Hal ini didukung dengan tingkat konsumsi masyarakat serta pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang lumayan besar.

Dalam kondisi ini, usaha waralaba masih diprediksi tumbuh sebesar 15 hingga 20 persen hingga akhir tahun. Berdasarkan data Kemendag dan asosiasi, tercatat ada 23.000 gerai waralaba dari 12.000 pelaku usaha di Indonesia memiliki omset lebih dari Rp120 triliun di tahun 2014. Tentu saja tahun 2015 ini diharapkan tumbuh lebih banyak.

Sistem waralaba banyak dipilih karena anggapan masyarakat mengenai waralaba sebagai pembuka pintu menuju kekayaan paling mudah. Bagi para investor, sistem waralaba memiliki keuntungan dalam mengembangkan brand secara luas.

Dari segi franchisor, mereka hanya perlu menyiapkan modal usaha tanpa harus melakukan startup, karena bisnis waralaba yang dilakukan sudah berkembang dan memiliki nama. Untuk itulah mengapa bisnis waralaba membutuhkan networking dan branding yang kuat serta luas.

Levita Supit, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia menyatakan bahwa kerja sama antara franchisee dan franchisor dibutuhkan guna mendapatkan bisnis yang kuat. Franchisee dan franchisor harus saling membantu, guna kelangsungan bisnis keduanya. Pada intinya, mereka saling mebutuhkan satu sama lain.

Sebelum membeli waralaba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kemampuan melakukan investasi serta pemilihan waralaba secara sehat dan terpercaya. Pada Indonesia Franchise Confrence melakukan sharing mengenai peluang bisnis waralaba di Indonesia.

Nanti akan diberikan pengarahann oleh para investor waralaba bagaimana cara untuk mengembangkan usaha. Bagaimana pentingnya support operasional, management keuangan yang menguntungkan, serta membangun jaringan agar bisnis waralaba menjadi sukses.

Source https://swa.co.id/ https://swa.co.id/swa/trends/marketing/wow-omset-bisnis-waralaba-capai-rp120-triliun-per-tahun
Comments
Loading...