Omzet Bisnis Waralaba Tahun Ini Akan Capai Rp 120 Triliun

Omzet Bisnis Waralaba Tahun Ini Akan Capai Rp 120 Triliun

Omzet atau penjualan bisnis waralaba tahun ini diperkirakan mencapai Rp 120 triliun. Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Levita Supit mengatakan bisnis waralaba masih menjanjikan di Indonesia karena Indonesia pasar yang besar dengan jumlah penduduk 250 juta orang.

Setiap tahun bisnis waralaba selalu mengalami peningkatan dan tumbuh double digit. Di Indonesia, bisnis waralaba yang paling banyak berkembang masih di sektor makanan dan minuman (food and baverages). Sekitar 80 persen penjualan bisnis waralaba berasal dari food and baverages,sisanya berasal dari kecantikan, kesehatan dan fashion.

Fakta menarik dari perkembangan bisnis waralaba di Indonesia adalah waralaba lokal bisa bersaing dengan asing meskipun omzet waralaba asing lebih tinggi. Sebagai contoh, omzet McDonald lebih tinggi dari omzet Bumbu Desa meskipun sama-sama bergerak di sektor makanan.

Wali mendukung waralaba lokal agar bisa mengembangkan bisnisnya ke luar negeri dengan melakukan ekspansi gerai. Jika waralaba lokal bisa ekspansi ke luar negeri, maka nilai tambah Indonesia semakin tinggi. Sementara Reed Panorama Exhibitions kembali menyelenggarakan pameran Franchise And License Expo Indonesia (FLEI), Cafe and Brasserie Indonesia (CBI) dan Retail Solution Expo Indonesia (RSEI) pada tanggal 8 hingga 10 September 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/bisnis/450041-omzet-bisnis-waralaba-tahun-ini-akan-capai-rp-120-triliun.html
Comments
Loading...