Omzet Waralaba Berpotensi Tumbuh 10%

Omzet Waralaba Berpotensi Tumbuh 10%

Bisnis waralaba masih menjadi bisnis yang paling menjanjikan di Indonesia. Bisnis waralaba bisa menjadi kekuatan ekonomi Indonesia. Omzet bisnis waralaba mencapai Rp 172 triliun per tahun dan masih berpotensi naik 10% per tahun. Jenis sektor waralaba yang paling diminati adalah makanan dan minuman, pendidikan, kecantikan dan kesehatan.Bisnis waralaba juga menyerap tenaga kerja sebanyak 90 ribu orang.

Saat ini, terdapat 700 jenis waralaba dengan 25 ribu gerai yang tersebar di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 63% merupakan waralaba lokal dan sisanya asing. Bisnis waralaba masih menjanjikan di Indonesia dan berpotensi terus berkembang.

Kemendag terus mendorong bisnis waralaba sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 42 tahun 2007. Kemendag siap membantu para pelaku waralaba dengan memberikan pembinaan dan pelatihan. Jika bisnis waralaba diberikan akses, ekonomi jauh lebih baik maju.

Beberapa franchise lokal yang sudah ekspansi ke luar negeri adalah Alfamart, Kebab Baba Rafi dan Es Teler 77. Sementara itu, kreativitas masyarakat Indonesia dalam mencari peluang-peluang ekonomi sangat besar. Peluang ekonomi tersebut didapatkan dari bisnis waralaba.

AFI mengadakan IFRA di JCC, Jakarta, 19-21 Mei 2017. Berbagai peluang waralaba yang akan hadir pada IFRA kali ini adalah di bidang otomotif, makanan dan minuman, waralaba travel, properti, pendidikan, logistik, spa dan kesehatan, hiburan, dan lain-lain. Sebanyak 150 perusahaan dengan 350 merek hadir meramaikan pameran IFRA 2017.

Mengusung tema Take A Chance To Become An Entrepreneur, AFI mengajak anggotanya serta para calon pengusaha waralaba baru untuk mengembangkan bisnis tidak hanya di level nasional, tetapi menyasar peluang di kawasan Asean.

Berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diharapkan akan mendorong ekspansi bisnis waralaba Indonesia ke berbagai negara di Asia Tenggara, bahkan dunia. MEA jangan dilihat sebagai ancaman serbuan waralaba asing ke Indonesia. Sebaliknya, MEA bisa dijadikan sarana untuk melakukan penetrasi bisnis ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara.

AFI juga mendorong para pelaku untuk melakukan ekspansi usaha dengan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini bisa dilakukan melalui pemanfaatan berbagai platform media sosial yang ada untuk mendukung kampanye digital atau membuat situs yang menyajikan informasi mengenai produk/jasa waralaba yang ditawarkan.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/industri/432081-omzet-waralaba-berpotensi-tumbuh-10.html
Comments
Loading...