Omzet Waralaba Diprediksi Tembus Rp160 Triliun

Omzet Waralaba Diprediksi Tembus Rp160 Triliun

Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) memprediksi, nilai omzet bisnis waralaba dan business opportunity (BO) nasional tahun 2012 bisa tumbuh 32,23 persen menjadi Rp160 triliun dibandingkan tahun 2011 yang senilai Rp121 triliun. Ketua Umum AFI Anang Sukandar mengatakan, pertumbuhan didukung oleh kenaikan omzet secara bisnis dan penambahan gerai.

Dari total bisnis waralaba dan BO yang ada di Indonesia, BO masih mendominasi. Baik secara gerai maupun nilai omzet. Saat ini, kata dia, ada sekitar 400 merek waralaba dan 1.500 merek BO. Anang menambahkan, dari total bisnis, sektor makanan dan minuman atau bisnis kuliner masih mendominasi. Disusul, bisnis jasa pendidikan.

Ke depan, dia mengharapkan, pemerintah fokus membina dan mengembangkan bisnis waralaba di Tanah Air. Dia mencontohkan, delegasi pemain waralaba asal Malaysia yang mengisi sekitar 50 booth di IFRA 2012 dan didampingi oleh menteri terkait.

Bisnis waralaba terbukti menciptakan lapangan kerja dan berperan signifikan terhadap perekonomian. Dia mencontohkan, satu gerai bisnis waralaba apotek dengan 3 shift. Masing-masing shift mempekerjakan 10, 10, dan 5 orang tenaga kerja. Saat ini, ujar dia, bisnis tersebut sudah membuka sekitar 500 gerai. Jadi, bisa dibayangkan serapan tenaga kerja yang diciptakan.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/bisnis/51468-omzet-waralaba-diprediksi-tembus-rp160-triliun.html
Comments
Loading...