Pasar Waralaba Indonesia Sentuh Rp 192 Triliun

Pasar Waralaba Indonesia Sentuh Rp 192 Triliun

Pasar waralaba nasional diperkirakan tumbuh 10-12% pada 2017 menjadi Rp 189-192 triliun dari estimasi tahun ini Rp 172 triliun. Tumbuhnya waralaba-waralaba baru dan dukungan pemerintah akan membuka peluang industri ini tumbuh double digit pada tahun depan.

Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan industri waralaba karena sebagian besar pelaku waralaba adalah industri kecil menengah yang belum memiliki pengalaman maupun kemampuan untuk mengelola bisnisnya. Manajemen bisnis yang buruk membuat banyak waralaba lokal yang tidak bisa mempertahankan bisnisnya.

Pertumbuhan jumlah waralaba lokal hanya 1-2% tiap tahunnya, karena kelemahan dalam pengelolaan bisnisnya. Banyak pemilik waralaba yang memulai usahanya dengan passion besar, tetapi begitu untung sedikit, langsung dia belanjakan untuk konsumtif, sehingga susah untuk berkembang.

Padahal, peluang usaha waralaba di Indonesia masih sangat terbuka dengan potensi pasar yang begitu besar. Peluang itu pula yang membuat waralaba asing berbondong-bondong untuk masuk dan mengembangkan bisnis di Indonesia.

Setidaknya, kata Anang, ada sekitar 50 waralaba asing yang masuk ke Indonesia tiap tahunnya. Mereka berasal dari Eropa, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Korea Selatan dan Jepang sangat agresif dalam membuka usaha waralaba tahun ini. Hal ini akan berlanjut pada tahun depan. Penambahan jumlah waralaba baik dari lokal maupun asing tersebut, menurut Anang, akan mendorong pertumbuhan pasar waralaba nasional pada tahun depan.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/403449-pasar-waralaba-bakal-sentuh-rp-192-triliun.html
Comments
Loading...