Peluang Bisnis Bakso Masih Berpotensi Besar

Peluang Bisnis Bakso Masih Berpotensi Besar

Kuliner ini sudah sangat lekat di lidah masyarakat Indonesia. Bahkan, menu bakso  sejatinya punya penggemar fanatik. Teksturnya yang kenyal menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi disajikan dengan kuah legit nan gurih, makin menambah kenikmatan. Hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orangtua menyukai makanan khas Indonesia ini.

Bisnis bakso sudah ada sejak lama. Bahkan, skala bisnisnya beragam, mulai kelas pedagang kaki lima hingga kelas resto atau rumah makan. Setiap tahun, jumlah pelaku bisnis bakso pasti bertambah karena luasnya potensi pasar bakso.

Banyaknya pelaku usaha yang terjun, ditambah tawaran kemitraan bakso, tentu membuat persaingan makin ketat. Belum lagi munculnya inovasi kuliner kekinian yang makin banyak. Ketatnya persaingan tersebut pasti juga dirasakan oleh para pelaku bisnis kemitraan bakso.

Pengamat waralaba Djoko Kurniawan menilai bisnis bakso masih memiliki potensi yang sangat bagus. Sebabnya, semua kalangan menyukai makanan berkuah tersebut. Selain itu. bakso bisa dinikmati kapan saja. Jadi kalau ada yang mengatakan bisnis bakso tidak bisa berjalan dengan baik, pasti ada salah kelola.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan beberapa brand bakso yang berkembang sangat bagus, padahal investasi franchise-nya cukup mahal. Kunci keberhasilan bisnis terletak pada sistem dan pengelolaannya. Menanggapi soal kendala sumber daya manusia (SDM) yang kerap dihadapi pelaku usaha kemitraan, ia menjelaskan strategi yang harus dilakukan adalah memberikan masa depan yang baik untuk karyawan.

Istilah ‘memanusiakan manusia’ kembali digunakan Djoko untuk mengatasi persoalan tersebut. Banyak yang mengatakan susah mencari karyawan, kalau menurut Djoko mencari karyawan mudah jika kita tahu cara rekrut yang benar, membina  dan memelihara dengan cara yang baik.

Soal tempat usaha strategis yang semakin sulit, pelaku usaha harus paham betul segmentasi pasar yang dituju. Memilih lokasi tak sekadar memakai feeling tapi dengan data. Maka, dengan demikian pemilihan lokasi akan jadi benar.

Ihwal kendala harga daging sapi yang kerap naik turun, menurut Djoko hal tersebut tidak akan menjadi masalah selama penetapan harga awal tidak terlalu mepet. Jadi ketika terjadi perubahan harga, pebisnis tidak akan kaget dan bisnisnya tetap bisa bertahan.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/kenyal-cuan-bakso-masih-menggigit?page=1
Comments
Loading...