Peluang Bisnis Keagenan Jasa Kurir PCP Express

Peluang Bisnis Keagenan Jasa Kurir PCP Express

Dalam beberapa tahun belakangan ini, industri pengiriman barang atau jasa kurir telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini tak lepas dari peran masyarakat yang semakin hari membutuhkan jasa kurir yang mereka gunakan untuk berbagai keperluan, baik pribadi maupun bisnis.

Peluang bisnis di sektor ini pun semakin terbuka lebar. Sehingga tak heran kalau saat ini banyak pemain yang menjajal peruntungan di sektor ini. Dengan menawarkan berbagai kemudahan layanan yang diberikan, salah satunya adalah PCP Express (Priority Cargo Package).

Perusahaan yang berada di bawah naungan PT. Yapindo Transportama ini pertama kali berdiri pada tahun 1999 lalu dengan nama PCP (tanpa kata ‘Express’-red). Kemudian di tahun 2015, perusahaan ini melakukan rebranding dengan nama PCP Express yang fokus menangani pengiriman barang di bidang retail.

Dengan visi ‘one-stop solution’, PCP Express telah memiliki berbagai macam layanan seperti custom clearance untuk barang yang masuk dari luar negeri ke Indonesia. Selain itu ada first-mile delivery, port-to-port delivery, warehousing & distribution, dan terakhir adalah last-mile delivery.

Dibanding dengan kompetitor di sektor bisnis yang sama, PCP Express juga telah memiliki value proposition yang berbeda dan unik yaitu corporate dan retail. Untuk yang corporate, menurut Dennis, pihaknya telah masuk ke industri dengan kategori EMA (Engineering, Manufacturing, dan Automotive).

Selain itu juga ada kategori farmasi, elektronik atau gadget, perbankan dan yang terakhir adalah ecommerce. Melihat perkembangan bisnis jasa kurir yang semakin meningkat, PCP Express pun mulai diwaralabakan. Bagi yang tertarik, joining fee yang ditawarkan berada di kisaran angka Rp. 5 juta dengan deposit Rp. 2,5 juta.

Konsep kerjasama ini adalah revenue sharing, sehingga tidak ada royalty fee yang dibebankan oleh mitranya. Adapun revenue sharing yang dimaksud adalah 75 persen untuk manajemen sebagai operator dan 25 persen untuk mitra.

Untuk lama BEP-nya sendiri bisa mencapai setahun dengan asumsi pengiriman 25 paket perharinya. Selain itu, lokasi yang strategis juga bisa mempengaruhi untuk proses BEP itu sendiri. Saat ini, PCP Express juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak marketplace untuk melakukan kampanye branding bisnisnya dengan harapan bisa meningkatkan brand awareness dan juga bisa meningkatkan penjualan dari mitra-mitranya yang sudah bergabung.

Saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan JD.ID untuk pengiriman barang elektronik, Orami by Bilna untuk pengiriman sembako, BerryBenka untuk fashion, Laku6 untuk pengiriman handphone dan juga Carousell untuk pengiriman barang bekas.

PCP Express memiliki banyak mimpi. Salah satunya adalah bisa menjadi perusahaan kurir terbesar untuk corporate dan juga retail. Saat ini, PCP Express sendiri telah memiliki 96 kantor cabang dan sekitar 190 agen dan gerai retail yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mayoritas masih ada di Pulau Jawa.

Source https://infobrand.id/ https://infobrand.id/mengintip-geliat-peluang-bisnis-keagenan-jasa-kurir-pcp-express.phtml
Comments
Loading...