Peluang Bisnis Waralaba Masih Menjanjikan

Peluang Bisnis Waralaba Masih Menjanjikan

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan dua aturan mengenai keberadaan bisnis waralaba di dalam negeri. Pertama, Peraturan Menteri Perdagangan nomor 68/M-DAG/PER/10/2012 tentang Waralaba untuk Jenis Usaha Toko Modern. Kedua, Permendag 07/2013 yang mengatur waralaba restoran.

Beberapa pihak melihat, kedua aturan ini mengancam keberadaan dan prospek bisnis waralaba. Namun, Asosiasi Franchise Indonesia memiliki pandangan lain. AFI melihat, meski keberadaan waralaba diatur dalam dua aturan itu, peluang usaha waralaba di Indonesia masih menjanjikan. Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar mengatakan, meski belum sebesar bisnis peluang usaha (bisnis opportunity), bisnis waralaba tetap tumbuh positif.

Masyarakat perlu memahami perbedaan antara waralaba dengan peluang usaha. Ciri khas dari bisnis waralaba adalah keunikannya.  Usaha bentuk waralaba juga memiliki standar yang sama di mana pun gerai berada.

Usaha dalam bentuk apapun bisa masuk kategori waralaba jika sudah mampu melewati masa perjuangan untuk branding selama lima tahun. Misalnya Es Teller 77, sudah 31 tahun. Karena memang paling sedikit 5 tahun.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/bisnis-waralaba-masih-menjanjikan.html
Comments
Loading...