Peluang Usaha Cilok Cikopal

Peluang Usaha Cilok Cikopal

Usaha cilok milik Danti Maharanti menawarkan kemitraan dengan modal Rp 4 juta. Lewat usaha ini,  Danti sempat memiliki 12 mitra cilok Cikopal yang tersebar di Jakarta, Bogor dan Cibubur. Kala itu, ia membuat ramuan cilok tidak cuma dengan daging tapi juga rumput laut supaya ada ciri yang berbeda dengan cilok lainnya.

Sayang, semua gerainya sudah tutup lantaran bisnisnya tidak  bisa bertahan karena masalah lokasi dan juga persoalan sumber daya manusia. Bisnis cilok frozen masih berjalan. Jadi ia memasarkan cilok frozen ke konsumen.

Saat menjalankan kemitraan usaha, ia akui bila model bisnis cilok kebanyakan, termasuk juga Cilok Cikopal yang menggunakan gerobak ternyata tidak menguntungkan. Rada sulit gerobak cilok Cikopal mendapat lokasi yang strategis. Kalaupun ada, kerap kali harus berurusan dengan Satpol PP.

Faktor inilah yang membuat pegawai mitra Cilok Cikopal tidak betah berlama-lama menjadi pekerja di sana. Lantaran butuh mobilitas yang tinggi akibat memakai tempat jualan berbentuk gerobak. Inilah yang membuat mitra sulit untuk bisa bertahan.

Setelah tidak lagi menawarkan kemitraan, Danti pun mengekor kiprah dari para pebisnis cilok lainnya. Yakni tetap menjadi pebisnis cilok dengan menjadi industri skala rumahan untuk memproduksi cilok dalam bentuk beku (frozen) dan camilan lainnya.

Sejauh ini, ia baru melayani pesanan cilok beku secara ritel saja. Tapi kedepannya, bila produksi cilok sudah mumpumi, ada rencana untuk bisa menjadi pemasok cilok ke pebisnis. Jadi rencana jadi pemasok cilok di restoran, kafe dan rumah makan.

Meski begitu, menekuni industri skala rumahan juga tidak  lah gampang. Penjualan cilok beku kerap mengalami naik turun. Sayang ia enggan merinci berapa besar omzet yang didapatnya dari hasil jualan cilok frozen.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/bisnis-cilok-kini-tak-lagi-mencolok?page=2
Comments
Loading...