Peluang Usaha Es Buah

Peluang Usaha Es Buah

Es buah merupakan minuman yang terbuat dari potongan buah-buahan, rumput laut, agar-agar, dan kolang-kaling yang ditambahkan es serut, sirup, air gula, dan susu kental manis. Buah merupakan makanan yang dikonsumsi oleh hampir setiap orang. Minuman ini dapat di jadikan sebagai ladang bisnis tambahan yang menguntungkan. Jika diperhatikan saat ini bisnis es buah cukup banyak diminati, mulai dari bisnis gerobak keliling, permanen, rumahan, dan waralaba.

Selain itu, konsumen usaha yang satu ini sangat terbuka lebar dari semua kalangan. Mulai anak-anak hingga orang tua, semuanya bisa dan suka dengan jus buah. Usaha ini sangat mudah dilakukan, tinggal memblender es dan buah-buahan tertentu dengan sedikit ditambah gula, maka jadilah juice buah. Apalagi disajikan dalam suasana panas siang hari, minuman ini selain sebagai pelepas dahaga juga dapat menjadi menu makanan buah-buahan yang menyegarkan serta kaya vitamin.

Karena bahan utamanya adalah buah-buahan, Anda harus menyiapkan aneka buah-buahan tersebut. Buah-buahan yang biasa dibuat es buah adalah mangga, strawberry, alpukat, blewah, nangka, melon, buah kelapa muda, serta yang lainnya. Selain itu bisa dilengkapi dengan agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling.

Gunakanlah buah-buahan dan bahan pelengkap yang berkualitas dan masih segar. Semakin berkualitas dan segar bahan yang digunakan, semakin lezat es buah yang dihasilkan. Bahan-bahan banyak tersedia di pasar tradisional atapun di supermarket. Buah-buahan juga bisa didapat dari pemasok buah. Selain harganya lebih murah, kualitas dan segi keawetannya lebih terjaga.

Jika ingin membuka usaha ini, maka harus mempersiapkan tempat yang strategis misalnya, di taman, pusat perbelanjaan, depan sekolah anak-anak, atau bisa juga di garasi depan rumah Anda yang terbuka. Intinya, tempat terbuka dan luas agar bisa di kunjungi banyak orang. Saat ini, telah banyak pengusaha es buah yang menggunakan gerobak dan menyewa tempat di lokasi perbelanjaan, seperti mini market, sehingga dapat dengan mudah menemui pembeli.

Peralatan yang harus dimiliki diantaranya juicer, blender, saringan, gelas-gelas plastik dan tutupnya, sedotan, pisau, dan kain lap. Kalau perlu, meja dan kursi plastik. Sebagai tempat meletakan peralatan tersebut, harus memiliki etalase atau gerobak. Setelah peralatan yang dibutuhkan tersedia, Anda harus mempersiapkan bahan, seperti buah-buahan, gula (biasanya dalam bentuk cair, gula putih yang sudah dimasak), air matang, dan susu cair. Bahan buah-buahan sebaiknya dibeli dua hari sekali. Hal ini demi menjaga sisi kesegarannya.

Usaha jus buah memiliki peluang yang cukup cerah, sebab sebagai minuman yang menyegarkan, juga dapat menjadi makanan yang sehat karena mengandung aneka vitamin tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh jus buah :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh,
  • Menurunkan kadar kolesterol,
  • Melancarkan proses pencernaan,
  • Sebagai anti oksidan dan anti kanker,
  • Mempercepat proses penyembuhan,
  • Membuat awet muda karena vitaminnya baik untuk kulit,

Biaya Operasional

  • Bahan baku buah-buahan Rp 200.000,00
  • Listrik per hari Rp 5000,00
  • Lain-lain Rp 50.000,00
  • Jumlah Rp255.000,00

Penjualan

Penjualan per hari (60 gelas x Rp6000,00) = Rp360.000,00

Pendapatan

  • Pendapatan per hari (Rp360.000,00 – 255.000,00) = 105.000,00
  • Jadi pendapatan selama sebulan adalah Rp 3.150.000,00.
Source http://bisnisrumahan2018.com/ http://bisnisrumahan2018.com/2017/11/analisa-usaha-es-buah-peluang-bisnis-rumahan-2018/
Comments
Loading...