Peluang Usaha Mie Ayam Saiyo

Peluang Usaha Mie Ayam Saiyo

Mi ayam termasuk salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Pantas saja jika mi ayam dijuluki sebagai kuliner sejuta umat. Kita bisa dengan mudah menemukan gerai-gerai yang menyajikan makanan asli China ini di sepanjang jalan. Menu olahan mi ayam pun kian bervariasi.

Mi ayam bernama Saiyo asal Bantul, Yogyakarta. Mengusung brand Miyada, ia menawarkan mi ayam dengan berbagai level kepedasan. Miyada sendiri merupakan singkatan dari mi ayam pedas. Mendirikan usaha tahun 2012, Saiyo lalu menawarkan kemitraan pada medio tahun ini.

Hingga kini, Saiyo sudah punya empat gerai di Yogyakarta. Satu gerai milik sendiri dan sisanya mitra. Keunikan Miyada dibandingkan kompetitornya terletak pada bumbu ayam dengan pedas yang bertingkat, yakni mulai level nol sampai lima.

Miyada juga menyajikan mi hijau yang terbuat dari bayam dan wortel bagi penggemar sayur-sayuran. Satu porsi mi ayam dibanderol seharga Rp 6.000. Manajemen membidik masyarakat menengah bawah. Saiyo menjual paket usaha Miyada seharga Rp 2,5 juta.

Mitra akan mendapatkan pelatihan produksi, seragam karyawan, peralatan masak, seperti kompor, panci, media promosi, serta bahan baku awal berupa mi mentah, minyak ayam, dan bumbu khas Miyada. Pokoknya mitra sudah bisa langsung berjualan. Mitra harus menyediakan peralatan makan serta membayar sendiri biaya sewa tempat usaha.

Mitra bisa mengantongi omzet Rp 3 juta per bulan. Dengan laba bersih 40%, modal mitra sudah kembali dalam tiga bulan. Ada mitra yang BEP dalam satu bulan karena bisa jual 25 – 30 porsi mi ayam per hari. Untuk bahan baku mi ayam wajib dibeli dari pusat.

Dalam sebulan mitra menghabiskan bahan baku mi sebanyak 50 kg. Bahan baku sebanyak itu dihargai Rp 500.000. Minyak ayam dan bumbu khas Miyada dijual terpisah. Yang jelas, mitra menghabiskan 50% dari omzet untuk membeli bahan baku.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mencicipi-peluang-bisnis-mi-ayam-pedas
Comments
Loading...