Peluang Usaha Mini Market

Peluang Usaha Mini Market

Kali ini akan membahas tentang peluang usaha mini market. Usaha mini market merupakan usaha yang memiliki keuntungan kecil namun perputarannya cepat. Karena pada umumnya mini market akan menjual segala kebutuhan sehari-hari yang sudah pasti dibutuhkan oleh setiap orang.

Karena dibutuhkan banyak orang dan banyak orang yang menjualnya maka keuntungan menjadi kecil namun omset sangat besar, sehingga apabila kita ingin membuka usaha mini market diperlukan perhitungan keluar masuk barang dan uang sangat penting diperhatikan. Pembelian barang pun sangat diperhatikan agar kita tidak membeli barang yang lama lakunya, karena hal ini akan merugikan perputaran uang kita.

Bagaiman Cara Memulai Usaha Mini Market ?

Apabila kita ingin usaha mini market, ada dua jalan yang dapat kita lalui :

Melalui Franchise

Franchise dapat menjadi salah satu cara agar kita bisa membuka usaha mini market, dengan franchise maka bisa dikatakan kita tinggal melakukan pembelian lisensi franchise tersebut dan menjalankan sesuai dengan SOP ( prosedur standar operasi) dari franchise tersebut.

Melalui Modal Sendiri

Cara lain untuk dapat membuka usaha mini market adalah dengan membuka sendiri mini market tersebut. Untuk cara ini tentu saja di butuhkan modal terutama modal uang, karena biaya untuk membuat minimarket tidaklah sedikit tapi dari sisi kepuasan karena memiliki sebuah usaha tidak ternilai harganya.

Menurut pengamat keuangan Redmond Medan dan Mariana rasio investasi untuk bisnis mini market ini sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta sehingga apabila kita ingin membuka sebuah mini market seluas 50 m2 maka dibutuhkan dana sekitar Rp. 150 juta hingga Rp. 250 juta dengan 20 rak belum termasuk bangunan untuk mini market tersebut.

Luas yang dibutuhkan untuk sebuah mini market berkisar antara 50 m2 sampai dengan 150 m2, untuk bangunannya bisa bermacam-macam bisa ruko (rumah toko) atau kios atau rumah tempat tinggal bisa. Lebih diutamakan adalah letaknya, karena sasaran utama mini market adalah orang yang lalu lalang maka alangkah baiknya apa bila letak mini market di tempat yang dilalui oleh orang-orang. Contohnya di pintu masuk komplek, jalan utama, atau komplek yang padat penduduknya. Hal ini bertujuan agar makin banyak orang yang tertarik masuk ke mini market tersebut.

Selain modal dana, kita perlu modal pengetahuan paling tidak memahami soal keuangan untuk mengatur uang masuk dan keluar serta perputaran barang agar kita tidak mendapatkan barang yang sulit dijual yang akhirnya membuat sejumlah modal tertahan biasa disebut juga modal mati. Usahakan untuk bersabar terlebih dahulu untuk tidak memberikan harga lebih tinggi diantara toko-toko di sekitar tempat anda membuka mini market.

Utamakan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal terlebih dahulu, agar perputaran modal yang sudah anda keluarkan cepat berputar dan menghasilkan. Perputaran yang cepat dapat menghindarkan anda pada barang-barang kadaluarsa yang mana dapat membahayakan kelangsungan usaha anda dan keselamatan konsumen.

Source http://iwaralaba.com/ http://iwaralaba.com/2014/05/peluang-usaha-mini-market/
Comments
Loading...