Peluang Usaha Minuman Cokelat Instan Chocofaza

Peluang Usaha Minuman Cokelat Instan Chocofaza

Bisnis minuman cokelat memang semanis rasanya. Walaupun keberadaan cokelat sudah cukup lama di masyarakat tidak membuat usaha minuman yang berasal dari buah kakao ini meredup melainkan terus berkembang seiring dengan kreatifitas para pelakunya. Tidak hanya soal inovasi rasa, para pelaku usaha minuman cokelat kini semakin kreatif dalam hal penjualan dan kemudahan bagi pelanggan untuk meracik sendiri minuman cokelat favoritnya walaupun tidak memiliki keahlian khusus.

Seperti empat sekawan yang merupakan mahasiswa IPB yakni Aidi Maulidiansyah, Zakki Mubarok, Famullla Royaldi, Tufik Nugraha Agassi yang menjalani usaha bersama dengan menawarkan produk olahan cokelat dalam bentuk kemasan. Dikatakan Zakki Mubarok ide awal untuk merintis usaha ini bermula pada saat mempelajari mata kuliah teknologi bahan penyegar di semester 5. Dari hasil perkuliahan tersebut Zaki tidak hanya mengetahui salah satu bahan penyegar yang paling populer di masyarakat Indonesia adalah cokelat dan kopi melainkan juga potensi usaha yang cukup besar baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Indonesia adalah salah satu penghasil kakao terbesar ketiga di dunia setelah Ghana dan Pantai Gading. Produk kakao di Indonesia tidak diolah sendiri dan hanya mengandalkan impor produk olahan cokelat yang sudah jadi. Tak mau Negara ini terus menerus menjadi Negara Pengimpor produk yang bahan bakunya di ekspor dari negaranya sendiri, keempatnya memutuskan untuk mencoba mengembangkan ilmu yang di dapat di kuliahnya dengan membuat merintis bisnis olahan cokelat berupa minuman cokelat instan dan memproduksinya sendiri dengan brand Chocofaza.

Varian Rasa dan Harga Chocofaza

Untuk meracik minuman cokelat instan dengan komposisi yang pas Zakki dan teman-temannya mengaku membutuhkan waktu selama 7 bulan yang di mulai  sejak April 2013. Hasil racikannya tersebut, Zakki mengaku menemukan enam varian rasa, yakni Out Chocolate, Original Chocolate, Chocolate Milk, Dark Chocolate, Black Chocolate, dan Milk Chocolate. Meski sudah menemukan enam varian, di awal menjalani usahanya, Zakki hanya mengeluarkan dua varian saja yaitu Out Chocolate dan Original Chocolate.

Setelah mengetahui dua produk tersebut cukup diminati, empat varian rasa lainnya pun akhirnya menyusul tidak lama setelahnya. Namun di saat penjualan Chocofaza yang tengah meningkat dua orang sahabatnya memutuskan untuk keluar, sebagai gantinya Zakki lantas merekrut Reninta Suci Lestari yang juga seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Managemen.

Chocofaza dikemas dalam kemasan berbagai ukuran di antaranya box kecil isi 5 sachet seberat 30 gram, stand up Pack dengan isi 210 gram, stand up pack isi 450 gram, dan kemasan bag isi 1 kg. Soal harga juga terbilang terjangkau jika dibanding dengan kualitas cokelat yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp 30 ribu untuk ukuran box kecil hingga Rp 175 ribu untuk ukuran bag 1 kg. Tidak heran bila dari bisnis Chocofaza, Zakki mampu meraup omset sebesar Rp 30-50 juta/bulan. Keunggulan Chocofaza adalah menggunakan bahan baku cokelat alami tanpa pengawet dan pemanis buatan.

Peluang Bisnis Menjadi Agen dan Reseller Chocofaza

Selain menjual secara retail, untuk memperluas jaringan pemasaran Zakki membuka peluang usaha kemitraan bagi siapa saja yang mau menjadi Agen Chocofaza di daerahnya masing-masing. Kini Chocofaza telah memiliki 15 agen dan ratusan reseller yang yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Makasar, Banjarmasin, Lampung, Depok, Medan, Surabaya, dan Bandung. Chocofaza hanya menerima satu agen untuk setiap daerah dan berhak mengembangkan reseller di daerah tersebut.

Untuk menjadi agen Chocofaza syaratnya cukup mudah yaitu dengan melakukan minimal pembelian sebesar Rp 2,5 juta / bulan dan selanjutnya melakukan pembelian minimal Rp 500 ribu. Sedangkan untuk menjadi reseller cukup dengan melakukan pembelian senilai Rp 500 ribu dengan pembelian selanjutnya minimal sebesar senilai Rp 150 ribu. Tersedia juga paket tester seharga Rp 120 ribu dengan 5 varian rasa dimana setiap rasa masing-masing mendapat 5 sachet.

Baik agen maupun reseller akan mendapatkan potongan harga sebesar 30% untuk agen dan 20% untuk reseller. Untuk agen zakki memberikan support dengan cara memberikan media promosi berupa brosur, 20 sachet tester, soft banner dan dicamtumkan di website dan media sosial Chocofaza.  Sedangkan untuk reseller fasilitas yang di dapat hanya media promosi berupa brosur sebanyak 20 lembar.

Prospek dan Promosi Usaha

Prospek usaha minuman cokelat akan tetap cerah hingga kapanpun. Indikasinya adalah jumlah penjualan yang terus mengalami peningkatan setiap bulannya. Hal ini tidak lepas dari promosi yang dilakukan oleh Zakki yaitu dengan cara menyebar brosur, membuat website, dan aktif di media sosial. Agar lebih banyak menjaring pelanggan dan calon agen kedepannya Zakki juga berencana untuk memasang iklan di media cetak dan mengikuti pameran. 

Contoh Gerai Chocofaza

Info Lebih Lanjut

Chocofaza
Kampus IPB Darmaja Kab Bogor
Telp : 089699291277
Web: https://chocofaza.wordpress.com/

Source Peluang usah minuman Chocofaza Modal 500 ribu
Comments
Loading...