Peluang Usaha Pisang Goreng Crispy Bana Bana

Peluang Usaha Pisang Goreng Crispy Bana Bana

Pisang goreng merupakan makanan populer di Tanah Air. Camilan tradisional ini sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia. Supaya tidak monoton, ada pelaku usaha kuliner berbasis pisang yang berinovasi membuat pisang goreng krispi. Berbeda dengan pisang goreng biasa, ciri produk ini renyah.

Nizar adalah salah seorang  yang menjajakan camilan pisang goreng krispi. Dia mengusung  merek dagang Pisang Goreng Crispy Bana Bana. Usaha pisang goreng renyah ini dirintis Nizar sekitar tiga tahun silam di Salatiga, Jawa Tengah.

Nizar memilih usaha ini karena melihat pisang goreng krispi laris. Supaya bisa bersaing dengan para kompetitornya, Pisang Goreng Crispy Bana Bana menghadirkan beberapa varian rasa, seperti coklat, susu dan rasa keju. Satu potong pisang goreng dibanderol Rp 4.000.

Setahun kemudian, Nizar menawarkan kerjasama kemitraan. Meski terbilang baru, saat ini, sudah ada 12 gerai Pisang Goreng Crispy Bana Bana yang tersebar di Semarang, Surabaya, Malang, hingga Kendari. Lima gerai milik pusat, sisanya kepunyaan mitra.

Calon mitra harus merogoh kocek senilai Rp 3 juta. Biaya tersebut sudah termasuk kerjasama selama dua tahun, booth, kompor dan regulator, bumbu dan tepung, satu set perlengkapan masak, satu set topping, serta pelatihan karyawan.

Satu gerai bisa menjual sekitar 40 porsi hingga 50 porsi pisang goreng krispi. Maka, mitra bisa meraup omzet berkisar Rp 5 juta – Rp 6 juta sebulan. Setelah dikurangi biaya beli bahan baku, sewa tempat Rp 250.000 per bulan, gaji satu karyawan serta biaya operasional, mitra masih bisa mengantongi laba bersih sekitar 50%.

Jika target itu tercapai, maka mitra bisa balik modal dalam jangka waktu dua bulan. Penghasilan mitra tergantung letak lokasi gerai. Sudah ada mitra yang balik modal hanya dalam waktu satu bulan karena lokasi yang dipilih strategis.

Pihak pusat tidak mengutip biaya royalti. Namun, mitra wajib membeli bahan baku dari pusat, berupa tepung, pisang serta bumbu-bumbu. Ini demi menjaga kualitas rasa pisang goreng Crispy Bana Bana di setiap gerai.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/renyah-laba-berjualan-pisang-goreng-krispi
Comments
Loading...