Peluang Usaha Soto Mbok Roes

Peluang Usaha Soto Mbok Roes

Salah satu pemain adalah Nanik Suharsi. Ia mendirikan Soto Bening Boyolali Mbok Roes di Ampel, Boyolali, Jawa Tengah tahun 1999. Usaha soto tersebut dikembangkan oleh sang menantu Adianto Nugroho dan sejak akhir tahun 2013 mulai menawarkan kemitraan usaha.

Pada September 2016, Soto Bening Mbok Roes sudah memiliki enam gerai di Boyolali, Pati, Bandung, dan Sukoharjo. Dua tahun berjalan, kedai ini berkembang menjadi 11 gerai.  Selama dua tahun ada tambahan lima gerai mitra di Salatiga, Prambanan, Klaten, dan Semarang.

Ada perubahan paket investasi yang ditawarkannya. Jika semula Adi menawarkan dua paket investasi, yakni paket Rp 50 juta dan paket Rp 100 juta, sejak tahun lalu ia hanya menawarkan satu paket kemitraan yang bernilai Rp 25 juta.

Dengan modal tersebut, mitra usaha bakal mendapat fasilitas gerobak, peralatan masak lengkap, pelatihan pegawai, kerjasama promosi serta bahan baku awal untuk dua hari saja. Ia sengaja menurunkan nilai investasi untuk memudahkan mitra dari Luar Jawa memperoleh bumbu. Di samping itu, cara ini juga untuk menggaet lebih banyak lagi mitra.

Dengan nilai investasi Rp 25 juta, mitra usaha akan mendapat pelatihan dan resep membuat soto bening Boyolali, pelatihan bumbu, pengajaran sistem bisnis, dan pendampingan dalam menjalankan usaha. Bahan baku lain bisa dibeli di luar, namun bumbu harus sesuai dengan resep soto bening Boyolali.

Mitra pun tidak dikenakan biaya royalti. Adi menyebutkan, mitra yang sudah menjalankan usaha bisa meraup omzet rata-rata sekitar Rp 2 juta per hari atau sekitar Rp 60 juta per bulan. Ia menjual soto per porsinya sesuai dengan lokasi dan pasar di sekitar gerai mitra. Khusus untuk di daerah Boyolali saja, ia mematok harga soto bening tersebut sebesar Rp 7.000 per porsi.

Soal kendala yang masih ia hadapi hingga kini untuk mengembangkan soto bening tersebut adalah harga bahan baku. Terutama bahan baku utama seperti ayam kampung yang sering fluktuatif membuatnya bingung menentukan kisaran harga jual. Untuk  membuat stok ayam kampung terjaga, Adi mencari pemasok bahan baku lebih dari satu pemasok.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/sedap-lagi-hangat-peluang-kedai-soto
Comments
Loading...