Pemerintah Perketat Aturan Bisnis Waralaba

Pemerintah Perketat Aturan Bisnis Waralaba

Pemerintah memperketat aturan bisnis waralaba untuk mempertegas perbedaan antara peluang usaha dan waralaba serta mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) agar berkembang menjadi waralaba. Ada definisi yang tegas antara peluang usaha (business opportunity) dengan waralaba.

Ada enam kriteria waralaba, kalau tidak memenuhi salah satu dari enam itu berarti tidak termasuk waralaba. Kriteria tersebut tercantum dalam Permendag nomor 32/M-DAG/PER/8/2008 tentang penyelenggaraan waralaba yang menyempurnakan aturan sebelumnya berupa Permendag nomor 12/M-DAG/PER/3/2003.

Enam kriteria usaha waralaba yaitu memiliki ciri khas usaha, terbukti memberi keuntungan, memiliki standar pelayanan barang dan jasa yang dibuat secara tertulis, mudah diaplikasikan, adanya dukungan yang berkesinambungan, dan hak kekayaan intelektual yang terdaftar.

Dalam Permendag tersebut, pemberi waralaba wajib melakukan pembinaan pada mitra bisnisnya (terwaralaba) jika tidak maka izin usahanya dibekukan. Depdag juga menetapkan denda maksimal Rp100 juta bagi pelaku waralaba yang tidak mendaftarkan usahanya ke Depdag.

Saat ini tercatat baru sebanyak 88 perusahaan waralaba asing dari sekitar 250 perusahaan yang ada di Indonesia yang sudah terdaftar. Sementara, pewaralaba lokal diwajibkan mendaftarkan diri kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan di daerahnya.

Ketua Asosiasi Francise Indonesia, Anang Sukandar mengatakan perubahan peraturan itu akan melindungi mitra bisnis pewaralaba agar tidak merasa ditipu. Pengaturan yang tegas akan memastikan etika bisnis waralaba dipatuhi para pelakunya.

Perbedaan antara peluang usaha dan waralaba terletak pada produk yang dijual. Waralaba menjual merk dagang dan manajemen usaha sedangkan peluang usaha hanya menjual produk dan standarisasi produksi. Anang menyebutkan pada 2007, jumlah waralaba dan peluang usaha asing di Indonesia mencapai 250 usaha, sedangkan waralaba lokal sekitar 60 usaha dan peluang usaha 350 perusahaan.

Tahun ini, ia memperkirakan jumlah waralaba asing diperkirakan tetap tumbuh sekitar 10% dan lokal bertambah 15 perusahaan lagi atau tumbuh 5 persen. Bisnis peluang usaha perlu didorong untuk berkembang menjadi waralaba.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-perketat-aturan-bisnis-waralaba-wfgwnq5.html
Comments
Loading...