Pentingnya Karyawan Wanita di Perusahaan dan Bisnis Waralaba

Pentingnya Karyawan Wanita

Menurut penelitian para Ahli ternyata karyawan wanita sangat positif keberadaannya untuk dunia bisnis. Masalah gender memang selalu menjadi isu untuk berbagai sektor di dunia, di dunia bisnis sendiri belakangan ada isu di mana wanita selalu sulit untuk masuk di lingkungan kerja, apalagi untuk naik jabatan. Tapi sekarang sudah banyak sekali wanita-wanita karir yang memiliki jabatan cukup strategi di berbagai perusahaan ternama.

Mungkin karena penelitian yang baru-baru muncul bahwa kehadiran wanita di perusahaan sangat positif dampaknya. Bagi para pengusaha, tidak ada salahnya untuk menerima pegawai wanita di posisi yang netral, posisi netral artinya posisi yang bisa di isi oleh pria maupun wanita.

Pada tahun 2011, sebuah organisasi bernama Catalyst melakukan penelitian terkait keberadaan wanita di sebuah perusahaan, dan hasilnya cukup mengejutkan. Disebutkan bahwa rata-rata perusahaan yang memiliki karyawan wanita sebanding dengan pria ternyata penjualan yang dicapai perusahaan terkait lebih tinggi ketimbang perusahaan yang didominasi oleh pria. Tentu ini bukan berarti keahlian pria kalah dengan wanita, hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal.

Seperti yang diketahui bagi para pria, mungkin dengan kehadiran wanita yang lebih “beranekaragam” mampu menciptakan suasana yang berbeda ketimbang dengan kebanyakan pria. Dari sisi wanita sendiri, tak bisa dipungkiri bahwa wanita sering memiliki cara pandang yang berbeda, fresh, dan kedisiplinan luar biasa.

Karyawan wanita mungkin identik dengan kecantikan dan kemolekannya, namun sebenarnya tidak hanya itu saja. Di sisi lain, wanita memiliki sentuhan magis ketika melakukan aktivitas bisnis, contohnya ketika melakukan negosiasi, presentasi bisnis, dan lain sebagainya.

Hasil penelitian organisasi Catalyst, menjadi dasar pertimbangan agar tidak ragu untuk menerima karyawan wanita. Tapi, tentu saja tidak dilakukan secara berlebih, lakukan sewajarnya saja setidaknya jumlahnya kurang lebih sebanding dengan jumlah karyawan pria.

Fakta lain yang diungkapkan oleh banyak ahli Human Resources bahwa perusahaan yang memiliki karyawan wanita dengan jumlah tidak terlalu timpang dengan karyawan pria, menunjukkan tingkat kenyamanan bekerja yang lebih tinggi. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya jumlah karyawan yang keluar (berhenti bekerja) dari perusahaan. Kenyamanan tersebut tidak hanya akan dirasakan oleh para karyawan pria saja karena secara otomatis wanita juga akan berinteraksi dengan banyak lawan jenis, sehingga ini juga bisa membuat karyawan wanita menjadi nyaman.

Banyak manfaat dan keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Pertama, jika nyaman mengerjakan sesuatu, hasilnya akan lebih baik, begitu pula kinerja dari karyawan tersebut yang akan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Kedua, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Kalau karyawan yang keluar rendah, tentu perusahaan tidak perlu mencari penggantinya lagi, dalam artian perusahaan akan menghemat biaya karena tidak melakukan rekrutmen.

Pada tahun 2008-2010, sebuah penelitian dilakukan oleh McKinsey & Company dari penelitian tersebut, diketahui bahwa perusahaan yang memiliki karyawan wanita dengan perbandingan wajar mampu memberikan tingkat pengembalian modal yang lebih besar, juga mampu memberikan penghasilan yang lebih besar pula. Dengan tingkat pengembalian modal dan penghasilan yang lebih besar, tentu hal ini akan mempermudah perusahaan dalam mengembangkan sayap-sayap bisnisnya.

Source karyawan wanita pentingnya karyawan wanita
Comments
Loading...