Penyebab Kegagalan Bisnis Menurut Ciputra

Penyebab Kegagalan Bisnis Menurut Ciputra

Menurut Ciputra terdapat tiga sumber utama penyebab kegagalan usaha. Hal ini biasanya melanda bagi pelaku ekonomi bisnis yang masih kecil atau UMKM. Ketika anda merintis sebuah usaha dan tidak bisa mengembangkannya dengan baik, pasti ada salah satu dari tiga hal berikut yang terjadi.

Kurangnya dasar pemahaman mengenai bagaimana cara pemasaran yang baik dan efektif

Anda mungkin sudah merancang produk atau jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas saat ini. produksi dan pengemasan produk juga telah disiapkan dengan kualitas tinggi. Bahkan pangsa pasar dimana produk tersebut akan diperjual belikan pun sudah siap.

Karena sudah melakukan berbagai analisa di pasar. Namun setelah melakukan launching dan penjualan dilakukan ternyata hasil yang didapatkan berbeda dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Produk ternyata tidak laku di pasaran dimana target tidak tercapai dan produk banyak yang tidak terjual. Mungkin saja hal ini dikarenakan karena konsumen kurang paham dan mengerti dengan teknik pemasaran yang dilakukan sehingga konsumen enggan membeli produk anda tersebut.

Hal ini biasanya dikarenakan oleh para pelaku UMKM tidak mengetahui aspek penting yang harus ada di dalam pemasaran yaitu interrupt, educate dan offer. Selanjutnya mari bahas satu per satu aspek penting tersebut secara lebih rinci lagi.

Interrupt (cari perhatian)

Hal pertama dan utama yang harus anda lakukan ketika mencoba memasarkan sebuah produk adalah dengan mendapatkan perhatian dari pangsa pasar. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan iklan, iklan yang dibuat pun bisa sedikit nyleneh dan lucu supaya banyak calon konsumen melihatnya. Hal ini sangat penting jadi munculkanlah ide kreatif dalam pembuatan konsep iklan.

Educate (berilah informasi yang jelas)

Memberikan informasi sebanyak mungkin kepada calon pelanggan mengenai keunggulan dan manfaat dari produk tersebut. Yakinkan calon pembeli bahwa produk anda merupakan produk yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaatnya.

Offer (penawaran)

Setelah kedua hal tersebut sudah dilakukan dengan baik dan benar. Maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberikan penawaran penjualan kepada para pelanggan, cara ini harus dilakukan dengan cara yang unik, kreatif dan beda dari yang lain karena untuk membuat pelanggan semakin yakin membeli produk anda. Jangan lupa berikan jaminan atau garansi kepada para pembeli apabila produk yang anda jual tidak sesuai. Hal ini sangat penting dilakukan supaya para pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam membeli produk anda.

Sumber dana yang terbatas

Terbatasnya sumber dana merupakan masalah klasik yang dialami hampir oleh semua pengusaha terutama pada pengusaha perintis usaha kecil atau UMKM. Jika dalam usaha kecil tersebut tidak mampu menjual produknya maka sangat berbahaya karena bisa menghentikan usaha. Jadi dengan kata lain kas atau dana merupakan sumber kehidupan dalam setiap usaha yang dilakukan.

Jika sudah dalam keadaan yang seperti ini, biasanya para pengusaha akan berfikir bagaimana caranya untuk mengejar target penjualan yang seharusnya untuk menutup dana yang telah dikeluarkan. Namun para pengusaha ini terkadang tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan hanyalah akan membuat keseimbangan dalam perusahaan secara keseluruhan rusak karena para pengusaha hanya fokus dalam mencapai target semata.

Oleh karena itu sebaiknya anda para pengusaha tidak langsung menargetkan angka penjualan yang spektakuler. Mulailah dengan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen yang telah menjadi pelanggan dari produk anda.

Dengan melakukan hubungan yang baik dengan para pelanggan ini, anda juga bisa meminta rekomendasi dari pelanggan apakah ada konsumen lain yang ingin membeli produk anda. Ketika anda sudah mendapatkan rekomendasi jangan sia-siakan langsung saja kejar calon pelanggan baru tersebut dan jangan lupa untuk selalu ramah dengan para pelanggan baru ini.

Untuk para pelanggan baru ini anda harus menerapkan sistem penjualan yang menarik seperti memberikan diskon atau fitur lainnya. Lakukan cara ini dengan baik dan terus-menerus. Hubungan yang baik dengan pelanggan akan mampu mempengaruhi mereka pada produk yang anda jual.

Jika cara ini terus dilakukan, anda tidak usah khawatir untuk tidak mendapatkan target penjualan karena para pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan anda. Anda juga bisa sambil memikirkan ide kreatif dan inovasi yang akan anda kembangkan pada produk yang anda jual sehingga produk anda akan semakin berkualitas.

Kemampuan manajemen yang lemah

Kemampuan management bisa diibaratkan seperti pusat komando dalam sebuah perang dimana semua orang yang sedang berperang akan tergantung apa yang diperintahkan oleh para komando tersebut. Jika komando yang ditetapkan salah maka hasilnya juga akan salah dan juga sebaliknya.

Tidak berbeda dengan sebuah usaha, manajemen yang salah juga akan membuat usaha yang telah dilakukan gagal. Kemampuan management yang lemah akan berbuah pada melesetnya target penjualan dan jika hal ini diteruskan maka usaha hanya menunggu waktunya untuk gulung tikar. Oleh karena itu jika anda mengalami hal ini sebaiknya segera perbaiki pusat komando atau management dari perusahaan anda tersebut.

Untuk memenuhi ketentuan pemasaran yang baik pada poin satu dan cara mengalokasikan sumber dana yang efisien dan efektif pada poin dua, dalam perusahaan haruslah memiliki sebuah managemen yang baik. Anda mungkin tidak akan langsung menemukan sistem management yang pas dalam satu waktu.

Anda harus mengevaluasi dan memperbaiki sistem tersebut sampai mendapatkan sistem managemen yang pas. Memiliki sistem pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Anda bisa menerapkan sistem reward dan punishment kepada para karyawan sehingga karyawan anda akan merasa terpacu dan segala kerja keras yang mereka lakukan dihargai.

Hal ini mungkin memang tidak pernah ada ditulis di buku teks sekolah manapun. Namun seorang bos pasti memiliki intuisi yang berbeda dengan karyawan. Setiap pemiliki usaha selalu memiliki pandangan terhadap seseorang apakah dirinya akan mampu menjalankan tugasnya dengan benar ataukah tidak.

Hal ini bukan berarti memiliki sifat klenik. Lebih dikarenakan hubungan emosional anda yang kuat dengan usaha yang dibangun. Sehingga anda akan bisa merasakan sesuatu terhadap seseorang yang akan masuk ke dalam perusahaan anda.

Para jajaran managemen juga tidak harus memiliki pendidikan formal yang tinggi saja. Namun juga harus disamai dengan skill yang dimiliki dan kemampuan lainnya. Seperti beradaptasi, kerja sama dalam organisasi, disiplin, tegas dan memiliki prinsip yang tegas. Memiliki keinginan untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Source https://dosenekonomi.com/ https://dosenekonomi.com/bisnis/tips-bisnis/penyebab-kegagalan-usaha
Comments
Loading...