Penyebab Kegagalan Usaha Secara Umum

Penyebab Kegagalan Usaha Secara Umum

Memiliki usaha sendiri memang tidak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Semua orang pasti memiliki mimpi untuk memiliki usaha sendiri yang dapat menghasilkan laba besar. Namun pada kenyataannya kerap kali terdapat rintangan dan halangan yang tidak sedikit bahkan mungkin berat.

Banyak orang yang mengalami kegagalan pada usaha yang telah dibangunnya. Bagi orang yang mendapatkan kegagalan ini ada dua kemungkinan yang bisa didapatkan. Pertama apakah akan menyerah dan kembali seperti awal ataukah yang kedua tetap berjuang dalam mengembangkan usahanya.

  1. Tidak fokus. Bisnis a, belum mapan, tapi sudah ingin ke bisnis b, hal ini akan menyebabkan kegagalan utama bagi anda.
  2. Mengharapkan orang lain. Pengusaha yang selalu mengharapkan orang lain atau bantuan dari pihak ketiga akan sulit bersaing dan cenderung bangkrut.
  3. Tidak inovatif. Tidak memiliki jiwa inovatif dan “kolot” dalam mengembangkan bisnis.
  4. Tidak menghargai pengalaman.
  5. Tidak adanya manajemen yang baik.
  6. Menyepelekan hal hal kecil / klien kecil.

Demikian beberapa hal yang merupakan faktor penyebab kegagalan dalam melakukan usaha menurut beberapa ahli yang sudah berpengalaman. Meskipun di dalam setiap usaha pasti akan ada celah untuk gagal. Hal ini jangan membuat anda patah arang dalam mengembangkan usaha.

Justru hal yang telah disebutkan di atas bisa memberikan petunjuk bagi anda supaya anda tidak gagal saat mengembangkan usaha yang anda lakukan. Evaluasi sangat penting dilakukan jika anda tengah menjalankan suatu usaha.

Source https://dosenekonomi.com/ https://dosenekonomi.com/bisnis/tips-bisnis/penyebab-kegagalan-usaha
Comments
Loading...