Peritel Berlomba Garap Segmen Milenial

Peritel Berlomba Garap Segmen Milenial

Besarnya jumlah penduduk usia milenial membuat segmen tersebut menjadi sangat menarik bagi peritel. Menurut data BPS per Februari 2018 jumlah milenial dengan rentang usia 15 tahun hingga 34 tahun tercatat sebesar 85,62 juta jiwa. Tentu saja, potensi pasar ini merupakan target market yang sangat besar bagi peritel.

Saat ini jumlah orang berbelanja didominasi oleh generasi milenial. Oleh karena itu, pengelola mall harus melakukan adaptasi untuk bisa menarik segmen pasar tersebut untuk datang. Sampai 70% lah (kunjungan milenial) ke pusat perbelanjaan, sebenarnya tergantung dari mall kelas apa, kalau kelanng menengah tu sampai 70% kalau yang kelas atas itu berbeda.

Oleh karena itu, malll dan peritel harus menyesuaikan desain dan tampilan gerai untuk bisa menarik milenial salah satunya memperbanyak lokasi-lokasi yang unik dan menarik untuk selfie. Menurutnya, hal ini juga berpeganruh bagi peritel yang secara periodikal akan menyesuaikan tampilan gerai menyesuaikan keinginan milenial.

Ikea juga menyadari besarnya potensi milenial, oleh karena itu gerai furniture dibawah kelolaan PT Hero Supermarket Tbk (HERO) tersebut berupaya menggabungkan fungsi fesyen dengan fungsi perabot rumah tangga. Koleksi produk tersebut dikeluarkan dalam jumlah yang terbatas dan dikhususkan untuk menarik kaum milenial berbelanja di gerai miliknya.

Pemilik gerai Nature Republic, PT NRI Global Mandiri juga mengaku menggarap segmen milenial dengan lebih serius. Tak hanya dari sisi tampilan gerai yang disesuaikan dengan target market tersebut. Perusahaan juga lebih aktif di media sosial untuk menyosialisasikan produk dan event yang diselenggarakan.

Sedangkan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) juga melakkan inovasi untuk bisa menggarap market tersebut lebih baik. Selain menawarkan produk yang relevan dengan milenials, perusahaan juga melakukan inovasi khususnya menggarap digital.

Source http://industri.kontan.co.id/ https://industri.kontan.co.id/news/peritel-berlomba-garap-segmen-milenial
Comments
Loading...