Peritel Mulai Garap Format Ritel Yang Lebih Beragam

Peritel Mulai Garap Format Ritel Yang Lebih Beragam

Industri ritel pada tahun lalu mengalami tekanan hebat, menurut riset Nielsen sampai dengan semester I-2017 minimarket masih menjadi katalis pertumbuhan industri dengan peningkatan 7%. Sedangkan untuk format supermarket dan hypermarket hanya tumbuh 0,4%.

Salah satu yang kepincut format ritel lain adalah PT Hero Supermarket Tbk (HERO). Perusahaan yang selama ini bermain di format supermarket, hypermarket dan health and beauty dengan flagship Hero Supermarket, Giant dan Guardian pun melirik format minimarket.

Perusahaan sudah menggarap format ritel minimarket melalui Giant Mart sejak tahun lalu. Saat ini, perusahaan akan mereview ulang strategi pengembangan bisnis minimarketnya untuk bisa bertumbuh. HERO tidak sendiri, PT Mega Mahadana Hadiya (Mahadya) juga menggarap format berbeda.

Pengelola gerai LOKA Indonesia tersebut juga menggarap segmen berbeda yakni Supermarket dan Convenience Store. Keduanya difokuskan menggarap pasar yang berbeda. Saat ini LOKA memiliki lima gerai dengan dua format berbeda. LOKA Lifestyle Supermarket menyasar segmen keluarga, sedangkan LOKA Lite Convenience Store menyasar pekerja kantoran.

Berbeda dengan keduanya yang mulai menggarap format berbeda, PT Trans Retail Indonesia justru tetap fokus menggarap format hypermarket dengan flagship Transmart dan Carrefour. Ketimbang menggarap format yang berbeda, perusahaan justru mengembangkan konsep baru.

Satria Hamid Ahmadi, GM Corporate Communication Trans Retail mengatakan bahwa saat ini perusahaan fokus pada konsep 4 in 1. Belum ada rencana untuk menggarap format ritel yang berbeda, menurutnya saat ini fokus menggarap konsep 5 in 1 atau 6 in 1 dengan adanya hotel dan apartement milik grup.

Source http://industri.kontan.co.id/ https://industri.kontan.co.id/news/siasati-kelesuan-peritel-mulai-garap-format-ritel-yang-lebih-beragam
Comments
Loading...