Perkembangan Gerai Supermarket Midi Utama

Perkembangan Gerai Supermarket Midi Utama

PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) selama ini dikenal sebagai pemain ritel berformat minimarket dengan flagship Alfamidi. Namun sejak tahun 2015 perusahaan mulai memperkenalkan format Alfasupermarket yang kemudian menjadi Alfamidi Super.

Selain Alfamidi dan Alfamidi Super, perusahaan juga memiliki satu brand lainnya yaitu Lawson Convenience Store. Ketiganya menyasar segmen yang berbeda untuk menopang kinerja perusahaan yang sepanjang tahun lalu mencatatkan hasil positif.

Saat ini perusahaan mengoperasikan 1.460 gerai Alfamidi dan 14 gerai Alfamidi Super. Sedangkan untuk Lawson saat ini perusahaan memiliki 60 gerai. Format gerai yang berbeda akan membuat perusahaan luwes dalam melakukan ekspansi gerai. Pasalnya, tidak semua wilayah di Indonesia mengizinkan penetrasi untuk gerai minimarket, sehingga format supermarket bisa penetrasi ke wilayah tersebut.

Kendati perusahaan akan terus mengembangkan format gerai supermarket, namun tidak seluruh wilayah yang tidak membolehkan minimarket akan dimasuki sebab perlu kajian untuk melihat potensi pasar. Sampai dengan kuartal I-2018 kinerja perusahaan masih cukup baik. Pendapatan bersih tercatat meningkat 8,67% dari Rp 2,15 triliun menjadi Rp 2,33 triliun. Sedangkan untuk laba periode berjalan tercatat meningkat 12,76% dari Rp 18,36 miliar menjadi Rp 20,7 miliar.

Source http://industri.kontan.co.id/ https://industri.kontan.co.id/news/gerai-supermarket-midi-utama-mulai-berkembang
Comments
Loading...